153 Desa Di Tangerang Gelar Pilkades Ribuan Personil Diturunkan

TANGERANG, Oase INews.com– Sebanyak 153 desa di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Minggu (1/12/2019). Untuk menjaga keamanan selama penyelenggaraan pilkades, ribuan personel gabungan dari Kepolisian, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) disiagakan.
Ribuan pasukan gabungan ini mulai disebar sejak Sabtu (30/11/2019) ke seluruh penjuru desa yang melaksanakan pilkades. Pasukan disiagakan untuk menjaga ketertiban selama prosesi pilkades di 153 desa dan memastikan prosesi pesta demokrasi di tingkat desa itu berjalan aman dan damai.
“Dari anggota Polri ada 2.692 personel. Kemudian dari Kodim ada beberapa ratus hadir dan dari Satpol PP juga hadir,” kata Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Tangerang Kota AKBP Ade Ary usai apel pasukan di Tangerang,
Ade mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap 153 desa yang menyelenggarakan pilkades serentak.
Sejauh ini, ada potensi titik rawan di wilayah-wilayah tertentu yang harus mendapatkan pengamanan ekstra.
Namun, dia telah memerintahkan para personel untuk tidak membawa senjata api dalam melakukan pengamanan pilkades. “Saya perintahkan kepada rekan-rekan saya tadi untuk tidak membawa senjata api, walaupun pasukan Antianarkis Brimob itu siap, ada 300 orang yang siap jika terjadi situasi yang tidak kita diinginkan,” katanya. Minggu (01/12/2019)
“Kemudian kami perintahkan juga kepada rekan-rekan kami untuk melakukan tindakan-tindakan yang humanis, karena rakyat sedang berpesta,” ujarnya.
Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tangerang Much Maesal Rasyid mengatakan, tahapan demokrasi tingkat kepala desa di 153 desa sudah dimulai dan tinggal pelaksanaan pemilihannya saja . Sampai saat ini, situasi pilkades di Tangerang terpantau aman.
“Sampai saat ini, alhamdulillah atas kerja sama masyarakat, pemerintah desa, pemerintah kecamatan, pemerintah kabupaten, khususnya pak kapolres, pak dandim, situasi aman,” kata Maesal.
Sementara pantauan awak media, perolehan suara dari Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Terlihat kandidat nomor urut 05 mendapat suara terbanyak dengan memperoleh 5.619 suara dari jumlah DPT 21.715 yang hadir di TPS 10, 201, suara sah 10.0094 suara dan suara tidak sah 107 suara.
Dengan jumlah data warga Gelam Jaya 29.000 jiwa
Ada 5 (lima) kandidat yang terdaftar pada pilkades Desa Gelam Jaya diantaranya : 1. Rusman, 2. Firma Maju Sinaga, 3. Muldi SE, 4. Agus Sunarya, 5. Moch. Sanusi AR , mereka juga memasang saksi saksi setiap kandidat pada pelaksanaan pelaksanaan pencoblosan suara di area TPS sejak pagi hari.
Ketua Forum Jurnalis Pasar Kemis (Forjumis) Hamonangan Simanjuntak, menilai bahwa demokrasi Pilkades di Desa Gelam Jaya, kini sudah terbangun dengan banyaknya warga yang berdatangan ke TPS sejak pagi hari dan banyaknya jumlah kandidat peserta calon kepala desa saat ini.
” Ini menunjukan kemajuan pesat pada Demokrasi kita yang ada di Desa Gelam Jaya dengan banyaknya jumlah kandidat peserta calon kepala Desa Gelam Jaya ini, dibanding pada masa lalu hanya ada 2 atau 3 orang saja, juga banyaknya jumlah DPT pada setiap TPS yang tersedia saat ini,” papar Juntak, sapaan nya.  (Fatah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × two =