Banjir Kiriman Lebih Parah Dari Sebelumnya

Tangerang, Oase INews.com – Kepala UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Cibodas, Praja mengatakan, bahwa pihaknya menerjunkan 24 personil ditambah 20 personil dari BPBD Kota Tangerang untuk membantu mengevakuasi warga Kelurahan Panunggangan Barat, yang terkena dampak banjir.

“Dari UPT BPBD kecamatan cibodas berjumlah 24 personil ditambah dari BPBD dari kota 20 personil, sudah mengevakuasi sebagian korban banjir,” ujarnya kepada wartawan di lokasi Jumat (26/4/19).

Sementara, Binamas Kelurahan Panunggangan Barat, Iptu M. Yusuf mengutarakan, sejak banjir akan datang menggenangi rumah-rumah warga sekitar, kurang lebih pada Pukul 04.00 Wib dirinya sudah memberitahu tahu warga dan berkoordinasi dengan pimpinannya serta pihak terkait.

“Sebelum banjir sampai pemukiman warga, saya sudah mendapat dan memberikan informasi kepada warga agar bersiap-siap menghadapi banjir, dan saya juga sudah berkoordinasi ke pimpinan dan pihak pemerintah juga,” ungkapnya.

Tokoh masyarakat setempat Astawi Jambak menuturkan, bahwa banjir kali ini berdampak kepada kerusakan dan hilang harta benda milik warga yang terkena banjir tersebut.

“Banjir saat ini lebih parah dari banjir sebelumnya, ditambah lambat surutnya. Mungkin karena sedang ada proses penurapan juga jadi airnya susah mengalir kembali ke sungai cisadane, terus lagi antisipasi pemerintah kota tangerang nampaknya terkesan kurang maksimal dalam menanggulangi bencana banjir ini, lantaran banyak dari warga kehilangan barang-barang berharga yang hanyut terbawa deras arus banjir dan hampir mencapai atap rumah, padahal kalau pemerintah sigap menginstruksikan jajarannya dengan membuka pintu air sepuluh sejak awal mungkin airnya tidak terlalu tinggi,” katanya.

Hingga Pukul 14:00 Wib banjir kiriman dari hulu sungai Cisadane yang menerjang pemukiman warga tersebut, tampak masih belum surut dan masih menggenangi lokasi.

Selain Kelurahan Panunggangan Barat, Beberapa wilayah di Tangerang Kota yang terkena dampak banjir kiriman pun, Yakni. Kelurahan Babakan, Kelurahan Sukasari, Cikokol, Bojong Jaya, Karawaci, Panunggangan Utara, Kedaung Baru, Mekarsari, dan Kelurahan Periuk Jaya. Sedangkan wilayah Tangerang Selatan, meliputi. Kelurahan Kranggan, Kademangan. Adapun wilayah Kabupaten Tangerang. Yakni, Kelurahan Pakulonan Barat.

Pantauan awak media, banjir benar-benar surut dan warga pun dapat kembali merapikan rumah dan barang berharga milik mereka pada Pukul 15.30 Wib.

(Kosasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − five =