DP3AP2KB SELENGGARAKAN PEMAPARAN AWAL P2WKSS BAGI KK BINAAN

Pemaparan Awal P2WKSS bagi 100 Kepala Keluarga Binaan masing-masing di Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang

Tangerang, Oase I News.com – Pembangunan pemberdayaan perempuan merupakan komitmen nasional yang dijadikan sebagai bagian integral dan pembangunan sumber daya manusia, dimaksudkan untuk meningkatkan status, posisi dan kondisi perempuan agar dapat mencapai kemajuan yang setara dengan laki-laki.

Pembangunan pemberdayaan perempuan menjadi salah satu program pembangunan nasional yang berkelanjutan karena kondisi perempuan yang masih tertinggal dibandingkan dengan laki-laki diberbagai aspek kehidupan.

DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DP3AP2KB) KOTA TANGERANG sesuai dengan program kerjanya di awal tahun ini tengah mempersiapkan dan melakukan pembimbingan terhadap Kelurahan yang akan dinilai di level Provinsi terhadap implementasi Program P2WKSS.

Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) merupakan Salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk peningkatan peran perempuan dalam pembangunan.

Program ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan SDM dan SDA serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan Masyarakat Desa/Kelurahan dengan perempuan sebagai penggeraknya.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi DP3AP2KB Kota Tangerang bertindak selaku koordinator Program Terpadu P2WKSS, sementara Operasionalisasi kebijakan Program Terpadu P2WKSS dilaksanakan melalui lintas bidang pembangunan/SKPD.

 

Pemaparan Awal P2WKSS bagi 100 Kepala Keluarga Binaan masing-masing di Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang

 

Tujuan dari Kegiatan P2WKSS itu sendiri adalah untuk membangun kerjasama lintas sektoral, meningkatkan kemandirian masyarakat sehingga dapat mengurangi kemiskinan di masyarakat, dan memotivasi masyarakat untuk dapat mengatasi persoalan kemiskinan serta menemukan berbagai solusi dalam rangka mengatasi masalah kemasyarakatan.

Pada akhir Februari 2019 seiring dengan peringatan HUT Kota Tangerang, telah dilaksanakan Pemaparan Awal P2WKSS bagi 100 Kepala Keluarga Binaan masing-masing di 2 kelurahan, yaitu Kelurahan Cikokol di Kecamatan Tangerang dan Kelurahan Karangsari di Kecamatan Neglasari. Kedua Kelurahan tersebut nantinya akan menjadi lokus penilaian P2WKSS tingkat Provinsi.

Plt. Kepala Dinas P3AP2KB, Ir. Hj. Iis Aisyah Rodiah dalam kesempatan pembinaan ke lokasi mengingatkan bahwa maksud kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan peran serta aktif perempuan dalam berbagai bidang pembangunan antara lain : Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Lingkungan dan Insfrastruktur, Agama, Pemberdayaan Masyarakat, Kelembagaan P2WKSS dan Tim Penggerak PKK. Sehingga tujuan akhir dari kegiatan ini, yaitu untuk meningkatkan peran perempuan guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas, dapat tercapai.

Kegiatan langsung lain yang dapat dirasakan para perempuan di lokasi lomba adalah bahwa mereka mendapatkan peningkatan keterampilan melalui Pelatihan Menyulam Taplak Meja Pelatihan Pembuatan Sirup dan Dodol dari buah-buahan. Selain itu mereka juga mendapatkan bimbingan dari seluruh SKPD yang terlibat dalam kegiatan ini sesuai bidangnya masing-masing.

Diharapkan dengan bimbingan yang intensif akan dapat mencapai hasil binaan yang maksimal sesuai yang diharapkan, dan yang terpenting masyarakat perempuan di wilayah tersebut dapat memetik manfaat dari hasil konsultasi dan pembinaan seluruh SKPD tersebut. ( S R Y – Advertorial )

 

Pemaparan Awal P2WKSS bagi 100 Kepala Keluarga Binaan masing-masing di Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × two =