Penerimaan Taruna Akpol Dan Tamtama Polri T.A.2020, Polres Serang Kota Laksanakan Rikmin Awal

Kota Serang, Oase I News.com – Polres serang Kota Polda Banten melaksanakan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri Tahun Anggaran 2020 untuk Taruna Akpol dan Tamtama Polri bertempat di aula Mapolres Serang Kota, Jumat (3/7/2020).

Selain memeriksa berkas pendaftaran, petugas juga mengukur tinggi badan dan berat badan pendaftar.

Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., menuturkan Polres Serang Kota selaku Panitia Bantuan Penerimaan ditingkat Polres telah menerima berkas 82 pendaftar. “Para pendaftar ini sebelumnya telah mendaftar secara online mulai tanggal 07 Maret sampai dengan 10 April 2020 dan verifikasi di Polres Searang Kota,” katanya.

Dari 82 pendaftar itu, perinciannya terdiri dari pendaftar Taruna Akpol sejumlah 58 orang, yakni Laki-laki 52 orang, perempuan 6 orang sedangkan untuk Tamtama sejumlah 22 orang laki-laki.

“Tahapan pendaftaran masih di Pabanrim Polres Serang Kota. Saat ini Panitia Bantuan Penerimaan di Polres Serang Kota melaksanakan Rikmin Awal berkas para pendaftar. Pemeriksaan meliputi kelengkapan berkas-berkas pendaftaran serta ukur tinggi badan dan berat badan masing-masing pendaftar,” paparnya.

Dalam pemeriksaan ini, imbuh Kapolres, Polres melibatkan tim internal dan eksternal. Tim eksternal berasal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Serang dan Kabupaten Serang, Dinas Pendidikan Provinsi Banten dan Kota Serang, sedangkan tim internal dari jajaran Polres Serang Kota.

“Adapun dari Koni Kota Serang selaku pengawas external dan pengawas Internal dari sir Propam serta siwas Polres Serang Kota,”ujarnya.

AKBP Yunus menambahkan bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri ini menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis).

“Untuk transparansi, hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka, masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya,”tuturnya.

Setelah lolos seleksi administrasi awal di Pabanrim Polres Serang Kota, para pendaftar akan mengikuti tahap seleksi berikutnya di tingkat Polda Banten.

Selain itu, Kapolres Juga mengimbau kepada para pendaftar agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri.

“Belajar yang baik, persiapkan fisik dan juga mental yang baik, percayakan pada kemampuan diri sendiri. Itu yang terpenting,” tegasnya

Pendaftaran ini Tidak dipungut biaya apapun (Gratis-red).

“Masuk Polri tidak dipungut biaya/gratis,”pungkasnya. (HMS/TP/VAN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *