SURVEI INDEKS : ISU POLIGAMI GERUS ELEKTABILITAS BENYAMIN  

Tangsel, Oase INews.com – Pemilihan Kepala Daerah 2020 di Kota Tangerang Selatan semakin hangat. Survei Indeks Pilkada Nasional merilis hasil survei yang dilakukan dalam kurun waktu 15 – 22 Nopember 2020 dengan melibatkan 800 responden melalui metodologi Multistage random sampling. Tingkat kepercayaan terhadap survei 95% dengan margin of error Sebesar 3,4%. Sabtu (28/11/2020)

Hasil survei tersebut menunjukan bahwa peta politik di Kota Tangerang Selatan semakin dinamis, hal tersebut bisa dilihat dari elektabilitas kandidat Pasangan Muhamad – Saraswati memperoleh 30,1%, disusul oleh paslon nomor urut 2, Azizah – Ruhamaben sebesar 27,5%. Kedua paslon tersebut mengalami kenaikan yang cukup positif, perolehan elektabilitas Muhammad – Saras pada bulan Oktober, sebesar 24,2%, sedangkan pada Nopember sebesar 30,1%. Pasangan Azizah – Ruhama pun demikian, bulan Oktober memperoleh elektabilitas sebesar 22,9%, sedangkan pada bula Nopember 27,5%.

“Dari ketiga paslon, Muhammad – Saras dan Azizah – Ruhama mengalami kenaikan Elektabilitas yang Positif, sedangkan Paslon Benyamin – Pillar, trennya turun” kata Bagus Dwiatmojo Peneliti Indeks Pilkada Nasional.

Data yang diperoleh dari hasil survei tersebut, terlihat jelas penurunan Paslon Benyamin – Pilar, dipengaruhi oleh Isu Poligami Benyamin yang sudah mulai diketahui publik, sehingga menjadi Barier terhadap elektabilitas paslon tersebut. Bulan Oktober Elektabilitas Pasangan Ben-Pilar memperoleh 30,1%, sedangkan bulan Nopember turun 3,4% menjadi 26,7%.

“Isu Poligami Ben, menjadi Barier, terhadap laju elektabilitas paslon nomor urut 3, terutama dikalangan wanita yang tidak suka pemimpinnya berpoligami” Ujar Bagus.

Namun demikian, masing – masing paslon masih memiliki peluang yang sangat terbuka untuk memenangkan pertarungan di pilkada kota Tangerang selatan 2020, karena masyarakat yang belum menentukan pemilihnya cukup tinggi, yakni 15,7%. (Fattah/Meida)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *