Anggarkan 4,2 Miliar untuk Masyarakat, Pemdes Rawa Burung Gelar Musrenbang

Kab. Tangerang, OASEiNews – Pemerintah Desa (Pemdes) Rawa Burung, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang menampung usulan dan aspirasi masyarakat melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes) Tahun Anggaran (TA) 2025 di aula kantor desa setempat.

Kepala Desa (Kades) Rawa Burung Damhuri mengatakan, MusrenbangDes adalah forum untuk menampung usulan dan aspirasi masyarakat, sehingga dapat diintegrasikan dalam penyusunan anggaran.

“Kita (Pemdes) harus menampung semua usulan dari masyarakat. Apapun bentuk usulannya, kita harus tampung,” kata Kades Rawa Burung Damhuri disela Kegiatan MusrenbangDes, Senin (14/10/2024).

Damhuri meminta kepada semua ketua RT agar tidak menolak usulan dari masyarakat. Apakah, nantinya usulan tersebut dapat dilaksanakan melalui Dana Desa (DDS) maupun tidak, namun yang terpenting usulan tersebut tidak di tolak.

“Apapun bentuk usulannya, yang terpenting kita tampung terlebih dahulu. Kemudian, nanti kita cek dan ricek lagi apakah usulan itu dapat dianggarkan melalui DDS atau tidak,” jelasnya.

Damhuri berharap, agar usulan dan aspirasi masyarakat melalui MusrenbangDes tahun anggaran 2025 tersebut, nantinya dapat tercover dan terlealisasi berdasarkan anggaran yang sudah ada.

“Tahun kemarin, anggaran kita masih terbentur BLT. Jika tahun depan BLT sudah tidak ada, bisa kita alihkan untuk pembangunan yang memang belum terlaksana pada tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Kosambi Asmawi menjelaskan, bahwa Pemdes Rawa Burung memiliki anggaran DDS sebesar 4,2 miliar. Menurutnya, anggaran tersebut dapat diserap untuk berbagai bidang kegiatan melalui MusrenbangDes.

“Sekecil apapun untuk pembangunan, yang sifatnya membangun dan sifatnya untuk kepentingan masyarakat, silahkan masyarakat dapat mengusulkan,” ungkapnya.

Ia berharap, setelah kegiatan MusrenbangDes ini selesai, untuk anggaran DDS sebesar 4,2 miliar yang nantinya akan dikucurkan dapat terserap sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran.

“Mudah mudahan anggaran DDS, Desa Rawa Burung pada tahun 2025 nanti dapat terserap sesuai kebutuhan dan tepat sasaran,” tutupnya. (red/van)