Taman Wisata Desa Jadi Program Prioritas Pemdes Rawa Rengas

Kab. Tangerang, OASEiNews – Guna mendongkrak perekonomian masyarakat, Taman Wisata Desa di Jalan Perimeter, Desa Rawa Rengas, Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang menjadi program prioritas Pemerintah Desa (Pemdes) Rawa Rengas.

Hal tersebut, diungkapkan kepala Desa Rawa Rengas Slamet Riyadi saat kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrembangDes) tahun anggaran 2025 di aula kantor desa setempat.

Kepala Desa (Kades) Rawa Rengas Slamet Riyadi mengatakan, Pembangunan infrastruktur di Desa Rawa Rengas sudah mencapai 80 pesen. Bahkan, pada anggaran perubahan pembangunan masih tetap fokus di infrastruktur.

“Untuk tahun 2025 nanti, tujuan saya ingin masyarakat banyak melakukan kelompok usaha yang di mana kelompok usaha itu bisa mengurangi dampak dari kemiskinan ekstrim,” kata Kades Rawa Rengas Slamet Riyadi, Selasa (15/10/2024).

Menurutnya, potensi di Desa Rawa Rengas ini cukup bagus untuk dijadikan tempat wisata. Maka dari itu, Pemdes Rawa Rengas akan merampungkan pembangunan Taman Wisata Desa guna mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Setiap sore apalagi pada hari libur di lokasi itu masyarakat banyak yang melihat take-off landingnya pesawat cukup antusias. Jadi kalau kita fikir, desa kita ini lebih berpotensi untuk tempat wisata,” terangnya.

Sementara itu Camat Kosambi Asmawi menjelaskan, Pemdes Rawa Rengas memiliki anggaran Dana Desa (DDS) sebesar 3,5 miliar yang dapat diserap oleh masyarakat melalui MusrenbangDes.
.
“MusrembangDes ini merupakan amanat dari undang undang, setiap ada pengerjaan baik itu fiksik, harus direncanakan terlebih dahulu melalui MusrenbangDes,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika ada pembangunan, baik itu infrastruktur yang menggunakan DDS tanpa direncanakan terlebih dahulu melalui MusrenbangDes, itu bisa dinyatakan ilegal.

“Pembangunan itu, perlu perencanaan. Nah, perencanaan yang baik itu jika melaksanakan suatu kegiatan diwilayah, harus melibatkan banyak masyarakat sekitar,” imbuhnya. (red/van)