Apdesi Kabupaten Tangerang Selenggarakan Bimtek Untuk Para Kades dan Perangkat Desa

Ketua Apdesi Kabupaten Tangerang H. Maskota Hjs, SE Saat Memberikan Sambutan Diacara Bimtek

Jateng, OASEiNews – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tangerang menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas dan Study Komparatif Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kabupaten Tangerang dengan Tema “Digitalisasi Sistem Pengelolaan Keuangan Desa” di Hotel Sahid, Jogyakarta, Jawa Tengah.

Acara Bimtek tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan pemateri dari Kepala Inspektorat Kabupaten Tangerang Tini Wartini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa H. Dadan Gandana, Kasat Reskrim Polresta Tangerang Kompol Zamrul Aini, Kanit Krimsus Sat Reskrim Polresta Tangerang IPTU Hotma P.A Manurung serta Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Tangerang Deny Marincka Pratama.

Ketua APDESI Kabupaten Tangerang H. Maskota mengatakan, bahwa pihaknya menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagai upaya meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa di Kabupaten Tangerang.

Selain itu, bahwa tingkat pemahaman perangkat desa dalam memahami manajemen sumber daya manusia maupun kemampuan teknis perangkat desa sangat perlu diberikan bimbingan, agar kendala dan langkah-langkah yang telah dan akan dilakukan terarah sesuai petunjuk teknis.

“Kita lakukan Bimtek Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa selama tiga hari mulai 14 hingga 16 Juli 2022. Tujuannya agar tingkat pemahaman perangkat desa terkait penyelenggaraan desa makin bertambah,” kata H. Maskota, Kamis (14/07).

Di lokasi Bimtek, Kepala Desa (Kades) Muara, Kecamatan Teluknaga H. Muhamad Syaripudin (HMS) mengatakan, acara peningkatan kapasitas yang di selenggarakan Apdesi Kabupaten Tangerang ini menurut nya sangat baik. Banyak ilmu yang di dapatkan dari berbagai narasumber seperti dari inspektorat, Kejaksaan dan Polri, sehingga para kades dapat menata kelola sistem keuangan desa bisa menjadi lebih baik.

“Bimtek ini sangat bagus, banyak ilmu yang kita dapatkan kan dari acara ini. Dengan tujuan dapat menata kelola sistem keuangan desa menjadi lebih baik lagi,” ungkap kades muara kepada media ini. Jumat (15/07).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Jatimulya, Kecamatan Kosambi Poniman merasa bersyukur dengan adanya Bimtek ini. Dirinya bisa mendapat banyak ilmu dari berbagai narasumber, sekaligus dapat bertemu langsung dengan para Kades se Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulillah, dengan adanya Bimtek ini saya banyak mendapatkan ilmu dari berbagai narasumber. Di sisi lain saya juga bisa bersilaturahmi dengan para kades se Kabupaten Tangerang,” pungkasnya. (Red/Van).