Bedah Rumah Program Gebrak Tegas, Sasar Dua Desa di Kecamatan Kosambi

Ketua F-PRTLH Kecamatan Kosambi Minto Bajak Saat Memberikan Sambutan di Acara Sosialisasi.

Kab. Tangerang, OASEiNews – Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Tangerang menggelar sosialisasi Program Forum Penanganan Rumah Tidak Layak Huni (F-PRTLH) Gerakan Bersama Atasi Kemiskinan Ekstrim dan Cegah Stunting (Gebrak Tegas) di Aula Kantor Desa Rawa Rengas, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Ketua Forum Penanganan Rumah Tidak Layak Huni (F- PRTLH) Kecamatan Kosambi Minto mengucapkan terimakasih kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Terutama, Kecamatan Kosambi beserta Desa Rawa Burung dan Desa Rawa Rengas.

“Karena Pak Camat Kosambi dan Pak Kades sangat mensuport adanya program bedah rumah ini. Berarti, tandanya dia sayang sama warga nya,” kata Minto yang biasa di sapa Bajak, kepada media ini. Rabu (26/6).

Bajak, meminta kepada penerima bantuan agar dapat bekerjasama dengan tim F-PRTLH. Karena menurutnya, program bedah rumah tersebut bukan program bedah rumah seperti yang ada di acara televisi (TV).

“Kalo program bedah rumah di TV kan di ajak jalan, kemudian di ajak makan. Terus pas pulang rumah langsung jadi. Bukan seperti itu, kami butuh kerja samanya agar hasilnya maksimal,” pintanya.

Bagian Pelayanan Operasional Dinas Perkim Ari mengatakan, Pembangunan program bedah rumah Gebrak Tegas di Kecamatan Kosambi terdapat di 2 Desa. Diantaranya, Desa Rawa Burung dan Desa Rawa Rengas.

“Di wilayah Desa Rawa Burung terdapat 31 Unit, sedangkan di Desa Rawa Rengas terdapat 23 unit rumah warga yang akan di bedah,” terangnya.

Ari menjelaskan, Untuk anggaran bedah rumah pada tahun ini sudah ada perubahan. Menurutnya, pada tahun 2023 lalu, dianggarkan sebesar Rp. 27 juta per unit. Sedangkan untuk tahun 2024 dianggarkan sebesar Rp. 34 juta per unit berikut material serta upah tukang.

“Program bedah rumah ini ditargetkan selesai pada pertengahan bulan Oktober secara program, dan untuk pembangunan rumahnya 18 hari terhitung dari mulai pengecoran pondasi,” jelasnya.

Dilokasi yang sama, Camat Kosambi Asmawi menegaskan, bahwa program bedah rumah Gebrak Tegas Dinas Perkim Kabupaten Tangerang tidak ada kaitannya dengan politik.

“Program bedah rumah ini, tidak ada kaitannya dengan politik dan ga ada kaitannya dengan partai. Program ini, pyur program pemerintah,” tegasnya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Rawa Rengas Slamet Riyadi mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perkim beserta semua pihak yang ikut terlibat dalam program Gebrak Tegas.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam program bedah rumah Gebrak Tegas. Semoga semua berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (red/van)