Bupati Zaki, Resmikan Pembangunan Gedung BLK Pantura di Kosambi

Kab. Tangerang, OASEiNews – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Pantura yang berlokasi di wilayah Desa Jatimulya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Kamis (29/12/2022).

Peresmian pembangunan BLK Pantura ditandai dengan menekan tombol sirine oleh Bupati Zaki Iskandar yang didampingi Ketua dan Anggota DPRD kabupaten Tangerang Kholid Ismail dan Jayusman beserta Kadis Tata Ruang dan Bangunan, Kadis Binamarga, Kadis Perkim Kepala Bappeda, kasat Pol-PP, Ketua Apdesi Kabupaten Tangerang, Camat Kosambi dan para Kepala Desa dan Lurah Se-kecamatan Kosambi.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, peletakan batu pertama atau Ground Breaking Balai Latihan Kerja (BLK) di Pantura tersebut, untuk kawasan kecamatan Kosambi, Teluknaga dan Pakuhaji yang akan menelan anggaran sebesar 56 Miliar.

“Mudah mudahan BLK ini, nantinya bisa menjadi pusat peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya di wilayah Kosambi, Teluknaga dan Pakuhaji,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Kemudian, masih kata Zaki, untuk bisa menyiapkan tenaga kerja dengan kemampuan dan skill khusus, yang nantinya akan diberikan pelatihan dan sertifikat di BLK tersebut.

“Warga sekitar agar bisa mengikuti dan beradaptasi kepada pembangunan dan kebutuhan dari pekerjaan yang ada di sekitar kecamatan kosambi, Teluknaga dan Pakuhaji,” imbuhnya.

Lebih lanjut Zaki menjelaskan, BLK Pantura merupakan BLK yang ke dua setelah BLK Jayanti dengan kapasitas cukup luas, sehingga dapat menampung peserta lebih banyak.

“Satu kelas bisa menampung 40 orang dan pada saat yang bersamaan bisa melaksanakan kegiatan 8 kelas sekaligus,” jelasnya.

Dilokasi yang sama, Maskota Hjs selaku Ketua Apdesi Kabupaten Tangerang sekaligus warga Kosambi menuturkan, Harapan masyarakat kecamatan Kosambi dengan adanya BLK Pantura, dirinya bersama warga Kosambi patut bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati Tangerang.

“Sudah sekian tahun masyarakat Kosambi sangat mengharapkan keberadaan BLK, dengan adanya BLK masyarakat bisa di latih dalam segala bidang keterampilan,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Kosambi Dadang Sudrajat mengatakan, hadirnya Bupati Tangerang menjawab apa yang menjadi harapan masyarakat, khususnya dalam rangka meningkatkan skil pengetahuan warga terutama tenaga kerja di wilayah Kosambi dan sekitarnya.

“Dengan hadirnya BLK ini, tentunya memberikan jawaban atau solusi terhadap tidak tersedianya warga kita yang memiliki pengetahuan dan keterampilan, sementara peluang kerja banyak dan lapangan kerja ada tidak bisa terisi karena tidak punya kemampuan,” ujarnya.

Dadang berharap, dengan adanya BLK Pantura, warga Kosambi dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan dan keterampilan warga untuk siap bekerja. Menurutnya, Ini menjadi salahsatu angin segar bagi warga Pantura, khususnya warga Kosambi, Teluknaga dan Pakuhaji.

“Dengan adanya BLK Pantura, warga kita dapat kesempatan untuk bekerja di tempat tempat yang memang harus memiliki suatu keterampilan misalnya di PIK 2 di bandara atau di industri industri di kawasan kita,” pungkasnya. (red/van)