Camat Kosambi Dengarkan Keluhan Pesapon : Mereka Bekerja Tak Kenal Waktu

Kab. Tangerang, OASEiNews – Kecamatan Kosambi membagikan rompi keselamatan kepada para 30 pesapon (petugas penyapu jalan). Hal ini sebagai simbolis bahwa para pesapon sigap dalam menangani persampahan.

Camat Kosambi, Dadang Sudrajat, mengatakan pesapon memiliki peran penting dalam kebersihan wilayahnya.

“Saat ini, ada 13 titik pembuangan sampah liar yang tersebar di 10 titik wilayah Kecamatan Kosambi. Hal tersebut menjadi konsentrasi kami untuk memaksimalkan pemberdayaan para pesapon,” katanya.

Ia menyebutkan, sampai saat ini ada 30 pesapon dan tenaga kebersihan di wilayah Kecamatan Kosambi, serta didukung juga dengan 2 kekuatan armada mobil truk dan 20 germo (gerobak motor).

“Tiap Senin para pesapon kita ajak apel pagi, karena mereka bagian dari kita (Kecamatan Kosambi) tidak ada yang kami beda-bedakan semua sama,” ungkapnya.

Menurutnya, mereka merupakan pekerja yang tak mengenal waktu, saat hujan maupun panas mereka tetap bekerja, sehingga mereka perlu diperhatikan untuk alat perlengkapan kerjanya.

“Kami berharap, alat perlengkapan kerja ini dapat bermanfaat untuk mereka,” jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat jika melihat sampah liar di pinggir jalan di wilayah Kosambi dapat melaporkan melalui SP4N-LAPOR, Command Center ataupun melalui Instagram Kecamatan Kosambi.

“Melalui laporan itu kita langsung tangani, saya juga berharap masyarakat dapat terlibat dalam menanganinya. Karena apabila hanya dilakukan salah satu elemen saja, tidak didapat hasil yang optimal dalam penanganan sampah ini,” tuturnya. (Rzl/Van)