Dahulu Terkesan Kumuh, Kini Bantaran Kali di Desa Rawa Rengas Mulai di Tata Kembali

Kab. Tangerang, OASEiNews – Pemerinah Desa (Pemdes) Rawa Rengas, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, kini mulai menata kembali bantara kali dengan memasang pagar menggunakan kayu bercorak warna warni. Hal tersebut, bertujuan agar bantaran kali terlihat indah dan rapih serta kembali sesuai dengan fungsinya.

Ditemui dilokasi, Kepala Desa (Kades) Rawa Rengas H. Slamet Riyadi mengatakan, Pemdes Rawa Rengas bersama warga melaksanakan gotong royong memasang pagar di sepanjang bantaran kali yang ada di wilayah desa Rawa Rengas.

“Hari ini, kita bersama warga adakan giat gotong-royong memasang pagar di sepanjang bantaran kali yang sudah di normalisasi oleh DBMSDA Kabupaten Tangerang,” kata H. Endo, sapaan akrabnya kepada OASEiNews, Minggu (30/10/2022).

Lebih lanjut, H. Endo menjelaskan, kegiatan pemasangan pagar tersebut, merupakan bagian dari program Pemerintah Kecamatan Kosambi bersama Pemerintah desa Rawa Rengas dengan menata bantaran kali yang tadinya terkesan jorok dan kumuh, agar terlihat menjadi indah dan rapih.

“Setelah banglinya ditertibkan, kemudian kalinya dinormalisasi. Nah, sekarang saat kita tata kembali bantaran kali agar kembali sesuai dengan fungsinya,” jelasnya.

Ia menambahkan, bantaran kali di wilayah desa Rawa Rengas akan dilakukan pemagaran sepanjang 2 kilometer. Menurutnya, pemasangan pagar tersebut, akan dilakukan secara bertahap, dikarenakan normalisasi kali oleh dinas saat ini masih berlangsung.

“Sambil nunggu normalisasi selesai, kita pasang pagar secara bertahap dulu. Supaya nanti, pas normalisasi selesai, kita langsung lanjutan kembali pemagarannya,” ucapnya.

H. Endo berharap, setelah bantaran kali dipasangi pagar, nantinya warga tidak ada lagi yang membangun serta membuang sampah di bantaran kali tersebut.

“Dengan di pasangi pagar, saya berharap tidak ada lagi warga yang membangun dan membuang sampah di bantaran kali,” harapnya. (Red/Van)