Kampung Tematik Waru Brilliant, Jadi Lokasi Binwil TP-PKK Kab. Tangerang

Kab. Tangerang, OASEiNews – Kampung Tematik Waru Bojong Renged, Indah, Lestari, Lingkungan Aman dan Tentram (Brilliant) Desa Bojong Renged, Kecamatan Teluknaga menjadi lokasi Bina Wilayah (Binwil) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tangerang.

Kegiatan Bina Wilayah atau kunjungan kerja dalam rangka pembinaan administrasi PKK di setiap desa, bertujuan agar lebih memahami Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dalam menjalankan 10 Program pokok PKK serta melakukan penilaian.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Tangerang Rismawati Maesyal Rasyied menyampaikan, Bahwa kegiatan Bina Wilayah merupakan agenda rutin tahunan TP PKK Kabupaten Tangerang yang secara periodik diadakan dan terjadwal di 29 kecamatan se-kabupaten Tangerang.

“Maksud dan tujuan diadakannya program Binwil, selain sebagai ajang silaturahmi dan pembinaan, juga sebagai ajang penilaian baik administrasi maupun program pelaksanaan 10 program PKK,” kata Rismawati Maesyal Rasyied, Kamis (22/6/2023).

Ia menjelaskan, Kegiatan Biwil akan berdampak terhadap kualitas hidup masyarakat, sehingga kegiatan tersebut dianggap perlu diadakan. Oleh sebab itu, Binwil harus dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan kualitas SDM penyempurnaan kelembagaan admistrasi dan program kerja.

“Untuk Penggerak PKK desa maupun kecamatan, bahwa program program yang sudah direncanakan dan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan 10 program gerakan PKKnya telah mampu menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat di segenap pelosok desa dan kelurahan di Indonesia,” ungkapnya.

Dilokasi yang sama, Ketua TP PKK kecamatan Teluknaga Yanny Zam Zam Manohara mengatakan, Dirinya bersama kader PKK kecamatan Teluknaga selalu melakukan pembinaan pembinaan di 13 desa secara rutin sebulan sekali, mulai dari pengisian buku buku sesuai dengan hasil Rakernas.

“Setiap kali pembinaan, kami merekap data data yang ada di desa melalui aplikasi google form. Jadi nanti ada google form tersembunyi dan ada scan barcode. Jadi, tiap sekertaris maupun kader tinggal scan barcode atau mengetik googleform dan mengisi data data,” terangnya.

Selain melakukan pelatihan administrasi, kata Yanny, TP PKK kecamatan Teluknaga juga melakukan pelatihan Web. Pelatihan Web tersebut, diperuntukan untuk para istri kepala desa maupun para sekertaris dan kader kader PKK Se-kecamatan Teluknaga.

Sementara Itu, Ketua TP-PKK Desa Bojong Renged Siti Suryani Suhendra menambahkan, Bahwa Binwil ini merupakan kegiatan PKK, yang mana kader-kader PKK sejak beberapa bulan lalu sudah melakukan persiapan. Namun, pelaksanaan nya pada hari ini.

“Alhamdulillah, ibu Rismawati memberikan apresiasi. Semua Pokja kita ada lengkap. Tetapi, kita ingin juga mendapatkan yang lebih baik lagi. Ya, pada intinya, penilaian ini agar lebih mendapatkan hasil yang memuaskan,” tutupnya. (red/van)