Keberadaan Wisata Hutan Mangrove Desa Muara, Membawa Keberkahan Bagi Warga Sekitar

Sopinah Salah Seorang Pedagang di Tempat Wisata Hutan Mangrove Desa Muara

Kab. Tangerang, OASEiNews – Kawasan wisata hutan mangrove di Desa muara, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang ini menjadi keberkahan tersendiri bagi warga sekitar yang berprofesi sebagai pedagang kecil dan nelayan yang mencari napkah hanya sekedar untuk menghidupi keluarga mereka.

Sopinah (47) salah seorang pedagang nasi dan ikan bakar mengaku dirinya sudah hampir berjalan lima tahun berjualan nasi dan ikan bakar di wisata hutan mangrove ini hingga bisa menyekolahkan anaknya sampai lulus sekolah menengah Atas (SMA).

“Saya bersyukur, disini di siapkan warung secara gratis sama H. Yatno pengelola wisata hutan mangrove sehingga bisa menyekolahkan anak dan bisa buat makan sehari-hari jadi saya ngga bingung mencari napkah lagi walau penghasilan nya hanya pas-pasan,” Kata Sopinah saat di temui di warungnya, selasa (7/6/2022).

Ibu dari lima anak itu juga bercerita sebelum menjadi tempat wisata, lokasi mangrove ini tadinya lahan yang terbengkalai, kumuh dan tidak terurus seperti hutan rimba tapi sekarang sudah jauh lebih bagus dari sebelummya.

“Tadinya mangrove ini masih bala dan rungseb tadinya juga ke sini ngga bisa karena ngga ada jalan begitu ada mangrove banyak pengunjungnya sama H. Yatno di buatkan jalan. Alhamdulillah, sekarang mah sudah bagus,” jelasnya.

Senada di katakan Tamsin (56)  warga setempat yang berprofesi sebagai nelayan bagan mengatakan tempat wisata hutan mangrove ini yang dia rasakan manfaatnya sangat luar biasa untuk mencari nafkah buat dirinya dan warga sekitar.

“Adanya wisata hutan mangrove ini pertama saya bisa usaha di sini, kedua saya bisa membiayai pesantren dan menyekolahkan anak saya kalau ada yang menyatakan tempat ini kurang bagus itu terbalik,” Kata Tamsin yang Akrab disapa Alek

Alek mengungkapkan bukan hanya dirinya yang mencari nafkah di lokasi hutan mangrove yang di kelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) ini, banyak warga setempat juga yang menjadi nelayan dan mencari nafkah di sekitar wisata hutan mangrove Desa Muara ini.

“Ada nelayan rajungan, nelayan kerang ijo, nelayan Bagan, nelayan jaring, nelayan bubu mereka semuanya tinggal dan mencari nafkah disini manfaatnya jelas sangat luar biasa buat masyarakat apa pun itu yang terjadi kami warga setempat akan mendukung karena wisata hutan mangrove ini tempat kami mencari nafkah,” ungkapnya.

Dia juga juga mengucapkan terimakasih kepada pihak pengelola dalam hal ini LMDH yang telah memberikan tempat untuk dirinya dan masyarakat yang lain nya untuk mencari nafkah di kawasan wisata hutan mangrove.

“Kami tau siapa-siapa orang yang memberikan kami tempat untuk mencari nafkah kami terimakasih sama H. Yatno, karena berkat beliaulah kami bisa usaha dan bisa berjualan,” pungkasnya. (Red/Van)