Kerahkan Alat Berat, UPTD SDA Wilayah 6 Normalisasi Saluran Pembuang Babakan Asem

Normalisasi Saluran Pembuang Babakan Asem.

Kab. Tangerang, OASEiNews – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sumber Daya Air (SDA) wilayah 6 terus berupaya menjaga infrastruktur pengairan optimal dan berjalan sesuai fungsinya.

Salah satunya, proses normalisasi yang dilakukan UPTD SDA Wilayah 6 di saluran pembuang Babakan Asem, Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang menggunakan alat berat jenis eksavator.

“Sebenarnya normalisasi ini usulan dari warga, melalui kepala Desa Babakan Asem. Karena saluran mengalami pendangkalan, khawatir air meluap ke pemukiman warga,” terang Kepala UPTD SDA wilayah 6 Kabupaten Tangerang H. Suhanda kepada media ini, Sabtu (18/5/2024).

Menggunakan eksavator, petugas diterjunkan ke lokasi untuk melakukan normalisasi. Kemudian,
Petugas mengeruk sedimen dalam saluran pembuang Juga membersihkan sampah yang menyumbat dan menganggu aliran saluran itu.

“Prosesnya dimulai hari ini, Sabtu (18/5) dan rencananya akan berlangsung selama 10 hari ke depan,” imbuhnya.

Rencananya, normalisasi itu akan dilakukan sepanjang 1 kilometer sepanjang saluran pembuang Babakan Asem. Kemudian, terkait rencana berdasarkan target yang perlu di capai dari hasil galian sedimentasi lumpurnya -+ 1000 m3 (Kubik).

“Tujuannya normalisasi dan pembersihan kawasan. Pintu airnya kita buka, agar debit airnya menurun, sehingga pekerjaan bisa lebih cepat,” tegasnya. (red/van)