Miris, Bangunan Taman Baca Masyarakat di Rawa Jambe Teluknaga Dibongkar Paksa

Kab.Tangerang, OASEiNews – Bangunan Taman Baca Masyarakat (TBM) yang berlokasi di kampung Rawa Jambe, RT 02, RW 04, Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang telah dibongkar paksa hingga rata dengan tanah.

Sejatinya, taman baca yang didirikan oleh Taman Baca Masyarakat Bintang Baca (TBM-BC) sejak tahun 2021 tersebut kini sudah tidak ada lagi karena sudah dibongkar untuk pasilitas jalan.

Padahal keberadaan Tama Baca tersebut, sangat berguna bagi Masyarakat setempat untuk fasilitas belajar, baik Anak-anak maupun orang dewasa agar bisa membaca dan tidak buta aksara.

Dalam hal itu, Ketua TBM-BC Abdul Mukti menjelaskan asal mula keberadaan TBM tersebut, bangunanya berdiri dilahan pasos pasum sejak periode Kepala Desa yang lama Adi Surahman untuk periode 2014-2019. Ia katakan, bahwa Taman Baca yang sudah berjalan selama satu tahun berjalan jangan sampai pupus sampai disini saja.

“Bangunan taman baca yang sudah dibongkar ini dulunya tempat MCK¬†untuk umum, terlebih bagi para peziarah yang berkunjung,” kata Mukti kepada awak media, Senin (1/8/2022) malam.

Mukti menambahkan, berhubung bangunan tersebut sudah lama kosong dan tidak di gunakan oleh warga setempat, ia berinisiatif bersama pengurus lainnya untuk mendirikan Taman Baca Masyarakat untuk warga sekitar.

“Bangunan itu kosong sudah lama juga, karena tidak di gunakan akhirnya saya dan teman teman kampus ini berinisiatif untuk mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) dan terbentuklah struktur kepengurusan agar taman baca bisa berjalan,” paparnya

Dibongkarnya gedung TBM tersebut, Mukti sangat menyayangkan hal itu terjadi. Karena saat ini anak-anak dan warga setempat kehilangan tempat belajar tambahan. Ia berharap, ada fasilitas tempat pengganti untuk TBM tersebut.

“Berharap adanya pengganti tempat untuk TBM ini, agar warga setempat khususnya Anak-anak dapat pelajaran tambahan diluar jam belajar sekolah,” harapnya

Saat awak media mengkonfirmasi kepala Desa (Kades) Teluknaga, Adji Sutikna (Atik) via Whats App belum merespon hingga berita ini di tayangkan. (SB/Van)