Pemdes Jatimulya bersama Mahasiswa dan Masyarakat Melaksanakan Gotong Royong Normalisasi Kali

Kab. Tangerang, OASEiNews – Pemerintah Desa (Pemdes) Jatimulya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta serta masyarakat melaksanakan gotong royong normalisasi kali dengan cara membersihkan sampah secara manual.

Kepala Desa (Kades) Jatimulya Poniman menjelaskan, aksi normalisasi kali dengan cara membersihkan sampah secara manual dilakukan sebagai langkah antisipasi mencegah banjir di wilayah desa setempat. Menurutnya, kegiatan normalisasi kali tersebut, merupakan kegiatan tahap kedua Pemdes Jatimulya pada tahun 2023.

“Saya ucapkan terimakasih dan mengapresiasi yang setingi-tingginya atas keaktifan mahasiswa KKN UIN Jakarta ini yang mau ikut bergotong-royong bersama warga,” ucap Kades Jatimulya Poniman kepada Media ini, Minggu (13/8/2023).

Dalam kegiatan tersebut, kata Poniman, Pemerintah Desa Jatimulya dan mahasiswa KKN UIN Jakarta memberikan edukasi kepada warga untuk berperan serta menjaga kebersihan saluran air.

“Semoga kedepannya mereka tergerak untuk membersihkan apabila terdapat sampah yang berada di sungai, jangan sampai sungai menjadi kumuh dengan adanya tumpukan sampah,” katanya.

Menurut Poniman, aksi membersihkan sampah ini merupakan wujud kepedulian bersama untuk menciptakan semangat baru dalam menjaga kebersihan lingkungan dan saluran air. Diharapkan, aksi ini dapat mengubah pola pikir masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan bersih-bersih ini masyarakat tidak membuang sampah ke kali, karena jika sampah berserakan di kali akan memunculkan berbagai wabah penyakit bagi masyarakat sekitar,” tutupnya. (red/van)