Penjelasan Pemkec Pakuhaji, Soal U-ditch Lebih Tinggi dari Bahu Jalan di Desa Kramat

Kab. Tangerang, OASEiNews – Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Pakuhaji mengklarifikasi terkait pembangunan U-ditch di Kampung Gardu Pojok, RT 02, RW 03, Desa Kramat, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. Lebih tinggi dari bahu jalan.

Camat Pakuhaji Asmawi membenarkan kegiatan pembangunan U-ditch tersebut Penujukan Langsung (PL) dari Kecamatan Pakuhaji dengan biaya sekitar puluhan juta rupiah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tangerang Tahun 2021.

“Betul itu PL kecamatan, dari APBD Tahun Anggaran 2021. Anggarannya seratus juta kurang,” kata Asmawi saat ditemui wartawan di Aula Kecamatan Pakuhaji, Jumat (22/7/2022).

Lebih lanjut, Asmawi mengakui bahwa pengerjaan U-ditch tersebut di nilai kurang tepat, karena posisi U-ditch tersebut lebih tinggi dari bahu jalan.

“Kami sudah memanggil Kepala Desa Kramat. Insyaallah, nanti ada solusi. Langkah pertama akses jalan nya akan kami urug menggunakan puing yang ada di Kecamatan,” ungkapnya.

Senada, Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Pakuhaji Oman Apriaman merasa dilema, karena pemasangan U-ditch tersebut atas permintaan warga. Disisi lain setelah pemasangan U-ditch, akses jalan yang dilalui warga menjadi becek karena saluran air yang tersumbat.

“kami segera tindak lanjuti, kita ambil langkah cepat. Akses jalannya kita urug dulu dengan puing supaya ga becek ,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Pakuhaji Ropikoh menjelaskan pembangunan U-ditch di atas bahu jalan tersebut atas keinginan warga, dengan tujuan agar air tidak naik kepermukaan. Ia, berencana akses jalan yang tergenang air akan di urug menggunakan puing.

“Dalam waktu dekat ini akses jalan tersebut akan di urug menggunakan puing. Selanjutnya jalan akan di pasang paving blok, dengan anggaran yang akan dianggarkan di ABT Tahun 2022 ini,” janjinya.

Diketahui, pemasangan U-ditch yang berada di atas bahu jalan tersebut membuat warga sekitar komplain. Karena akses jalan yang biasa di lewati menjadi tergenang air sehingga menimbulkan becek setelah U-ditch terpasang. (Red/Van).