Petani Adalah Ujung Tombak Yang Harus Dipertahankan .

( Dalam rangka Pembinaan Lakususi ) Kunjungan dan Supervisi. di pimpin oleh Dadang Kepala Seksi Penyuluhan Pertanian propinsi Banten(kanan) Kepala Bidang SDM Penyuluan dan Pertanian Sunaryati (tengah ) Kabupaten Tangerang . Dedy Alamsyah UPTD Penyuluhan dan pertanian ,BPP Caringin kecamatan Curug (kiri ) . Poto sun

Tangerang, Oaseindonesianews.com – Guna mempertahankan pertanian yang ada di Kabupaten Tangerang ,harus ada motivasi terhadap petani memberi semangat kepada mereka karena itu petani adalah lawan Pahlawan ujung tombak .

Oleh karnanya harus tetap eksis untuk ketahanan pangan . tanaman pangan seperti Holtikultura yaitu sejenis tanaman sayur mayur ,makanan pangan kebutuhan poko , yaitu Beras yang tidak bisa di tunda diharapkan harus tetap berlanjut , walau bagaimana itu hak azazi manusia karena keterkaitan pangan yang harus kita pertahankan ,dan mensejahterakan para petani yang ada di Kabupaten Tangerang juga masyarakat Umum.

Demikian hal itu di ungkapkan oleh kepala Bidang SDM Penyuluhan dan Pertanian ,Sunaryati , Pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang beberapa hari lalu di sela sela dalam rangka pembinaan lakususi ( kunjungan dan Supervisi ).

acara di laksanakan di Aula pelatihan Balai penyuluhan kecamatan Curug . Dipimpin oleh Dadang selaku kepala Seksi penyuluhan pertanian Propinsi Banten dan didampingi dua orang stap ,guna memberikan arahan , meninjau , kegiatan kegiatan hususnya pertanian yang ada di Kabupaten Tangerang .

Selain itu memberikan arahan dan latihan , penyerapan aspirasi terhadap delapan kordinator yang Hadir .

Sementara menurut Dedy Alamsyah Kepala UPTD Penyuluhan pertanian kecamatan Curug ,Pada DinasPertanian dan Ketahanan Pangan , Kabupaten Tangerang . jumlah kelompok tani Indonesia (KTI) 1200 Kelompok , Dari delapan puluh penyuluh yang ada di Kabupaten Tangerang . Setiap BPP meliputi tiga atau 4 kecamatan ,bahkan melebihi .

Dari delapan BPP terluas BPP Caringin Meliputi 6 kecamatan . Diantaranya Kecamatan Legok , Kecamatan Pagedangan , Kecamatan Cisauk , Kecamatan Curug , Kecamatan Kelapa Dua dan Kecamatan Panongan. BPP caringin terdapat potensi Hotikultura tanaman buah buahan rambutan dan pertanian .

Lagi lagi Dedy ,
ketika penyuluhan ke wilayah BPP keronjo potensi seperti pembuatan pupuk kompos .Mayoritas wilayah keronjo Pertanian . Untuk Kecamatan teluk Naga ( Holtikultura )Kangkung dan bayem .

Lebih lanjut Dedy , mengatakan delapan puluh persen pertanian yang harus di pertahan kan , sisanya duapuluh persen adalah Holtikultura yaitu tanaman buah buahan ,dan sayur mayur .Harapan kesejahteraan petani meningkat,intinya bagaimana para petani untuk mensejahterakan keluarganya terutama masyarakat umum .

Mengenai bantuan pertanian untuk.para kelompok tani Indonesia (KTI) sejumlah 1200.kelompok Tani yang sudah mendapatkan kartu anggota ( KTI ) guna mendapatkan bantuan bersubsidi tujuan nya agar lebih murah

Bantuan setiap tahun disubsidi oleh pemerintah pusat ujar Sunaryati .ditengah berjalannya acara .

Menurut Dedy Kunjungan pembinaan yang dilaksanakan dalam satu tahun hanya sekali .dari propinsi Banten , sebagai tuan rumah “ya” saya hanya mempasilitasi tempat.

Balai penyuluhan pertanian meliputi delapan BPP . Dia taranya BPP Keronjo ,Kali Asin ,BPP Carenang ,BPP Tegal kunir BPP Sepatan , BPP Kampung Melayu dan BPP Sukatani. ( Sun )