Puskesmas Salembaran Jaya Jadi Langganan Banjir Tiap Hujan Deras

Kab. Tangerang, OASEiNews – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang kembali tergenang setelah di guyur hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu 28 Februari 2024 dinihari.

Endang, petugas Puskesmas Salembaran Jaya, menyampaikan kalau genangan yang masuk ke area halaman puskesmas terjadi setiap kali hujan deras.

“Langganan, setiap kali hujan deras, walaupun sebentar pasti air masuk ke Puskesmas,” jelas dia, saat ditemui dilokasi. Rabu (28/2/2024) pagi.

Ia menjelaskan, penyebab terjadinya genangan di puskesmas Salembaran Jaya dikarekan saluran air di wilayah kelurahan Salembaran Jaya banyak yang tidak berfungsi.

“Solusinya, ya harus ada perbaikan saluran air, agar saluran air kembali berfungsi,” terangnya.

Pihaknya, sudah mengusulkan tiga tahun lalu untuk perbaikan saluran di sekitar puskesmas melalui musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) tingkat kelurahan. Namun, hingga saat ini usulan tersebut tidak pernah terlelalisi.

“Pernah di usulkanan perbaikan saluran air dari gang haji atau gang jampang buat saluran lurus arah langsung ke saluran pembuang kali gelam. Tapi sampai saat ini, usulan itu tidak terealisasi,” pungkasnya. (red/van)