Satpol PP Tertibkan Delapan Gubuk Asmara di Desa Cikasungka

 

Tangerang, Oase I News.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tangerang bersama unsur Kecamatan Solear dan TNI-POLRI, melakukan penertiban terhadap delapan bangunan yang digunakan sebagai tempat prostitusi di Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Senin (13/02/2023).

Kepala Satpol PP Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi mengatakan bangunan tersebut mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum di masyarakat, khususnya warga Desa Cikasungka Kecamatan Solear karena telah digunakan sebagai tempat prostitusi.

“Sebelumnya sudah kami layangkan surat teguran pertama sampai dengan surat teguran ketiga, surat peringatan sampai dengan surat pemberitahuan pembongkaran juga sudah kami berikan. Surat tersebut juga diterima langsung oleh pemilik bangunan. Proses sampai dilakukannya pembongkaran ini kami berikan waktu sekitar 1 bulan untuk dilakukan pembongkaran secara mandiri oleh pemilik bangunan,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Bidang Ketenteraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Tangerang, M. Syahdan Muchtar mengatakan bahwa kegiatan pembongkaran tersebut merupakan bentuk penegakan Perda Nomor 13 Tahun 2022 tentang Ketenteraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat.

“Bangunan yang kami tertibkan totalnya delapan bangunan atau yang sering disebut oleh masyarakat sebagai Gubuk Asmara, karena telah melanggar Perda,” kata Syahdan.

Syahdan menyebut pembongkaran paksa tersebut dilakukan lantaran Surat Peringatan (SP) kesatu dan SP Kedua dari Satpol PP yang berisi imbauan pembongkaran secara mandiri, tidak diindahkan oleh pemilik gubuk.

“Karena tidak direspon SP Kesatu dan SP Kedua dari kami, akhirnya kami lakukan bongkar paksa,” Tegasnya.

Syahdan melanjutkan bahwa dalam penindakan tersebut Satpol PP telah menerjunkan 40 personil dan berhasil mengamankan minuman keras (Miras) dari warung jamu di lokasi tersebut yang diduga sebagai salah satu penyebab timbulnya keresahan masyarakat sekitar.

“Saat dieksekusi, gubuk esek-esek itu dalam keadaan kosong, tetapi kami mengamankan beberapa miras dari gubuk penjual jamu,” pungkasnya.( Rizal – Kominfo )