UPTD SDA Wilayah 6 Bersihkan Saluran Pembuang Salembaran Kosambi dari Eceng Gondok

Kab. Tangerang, OASEiNews – Petugas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sumber Daya Air (SDA) Wilayah 6 Kabupaten Tangerang membersihkan enceng gondok yang ada di Saluran Pembuang Salembaran Kelurahan Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Enceng gondok ini menutupi permukaan saluran pembuangan salembaran (sungai gelam) dan dikhawatirkan mengganggu aliran sungai.

“Pembersihan ini sifatnya rutin, karena sungai yang ditumbuhi enceng gondok ini dapat menghambat arus sungai,” kata Kepala UPTD SDA wilayah 6, H. Suhanda kepada media ini, Sabtu (11/11/2023).

Menurut H. Suhanda, pembersihan enceng gondok ini dilakukan agar saluran air di sungai lancar dan tidak ada yang tersumbat.

“Pembersihan tanaman eceng gondok untuk mengantisipasi supaya air sungai tidak meluap saat musim hujan. Sebab jika air sungai tersebut meluap, maka akan meluber ke kawasan pemukiman warga,” ujarnya.

Tidak hanya pembersihan eceng gondok saja, petugas juga membersihkan ranting yang berada di pinggir sungai dengan menggunakan alat seperti golok, parang, cangkul dan pengeruk.

“Harapannya, agar saluran pembuang salembaran bersih dari tumbuhan eceng gondok dan ranting di sepanjang aliran sungai itu,” imbuhnya.

H. Suhanda meminta agar warga sekitar sungai gelam ini peka dengan lingkungannya, jadi kalau bisa, masyarakat juga dapat melakukan pembersihan secara berkala. (red/van)