KASAD TNI, Andika Perkasa : Jalankan Protokol Penanganan Covid19 sesuai SOP dalam ruang lingkup kewenangannya 

Jakarta, oase INews.com – Dalam situasi Pandemi Virus Corona yang saat ini tengah melanda di Negara Indonesia, sudah barang tentu seluruh elemen bangsa bergerak secara bersama sama melakukan berbagai antisipasi penanganan sebagaimana yang sudah di intruksikan oleh Kepala Negara dalam Kapasitas sebagai Pelindung masyarakat berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Tentara Nasional Indonesia khususnya Angkatan Darat (TNI AD). Salah satu elemen yang juga berkewajiban melakukan kegiatan penanganan Covid -19

Pada kesempatan yang baik, Kamis, 09 April 2020 dalam posisi physical Distancing , Pemimpin Umum Jurnal Wicaksan dan media-istana.com (Ali Nasrullah Ramadhan) berkesempatan melaksanakan bincang khusus dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, di Markas Besar TNI AD, Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

Dalam perbincangan seputar Penanganan Covid19, KASAD mengaku melaksanakan kinerja penanganan mengikuti Protokol Kesehatan yang sudah ditetapkan dan fokus pada ruang lingkup yang menjadi kewenangan beliau selaku Kepala Staf yang bersifat Tugas Koordinatif dan Pelayanan terhadap Personalia Anggota TNI Angkatan Darat diseluruh Indonesia.
Kewenangan menggerakkan Pasukan dan Personalia TNI dilapangan dari seluruh angkatan adalah menjadi Hak dan Kewenangan Panglima TNI dalam bagian tidak terpisahkan untuk melaksanakan Tugas Penanganan atas intruksi Presiden.

KASAD yang berkesempatan menerima kunjungan informal dari Ali Nasrullah yang didampingi oleh Teuku Imran dan Jimmy Donny Wewengkang selaku Ketua Wartawan Wicaksana Reaksi Cepat, mengaku sangat terbuka dan berbangga hati bisa diskusi santai namun terfokus dalam sesi yang cukup familiar ini.
Bahkan KASAD kemudian memanggil Tiga Jenderal lainnya yang sudah Siap dan akan Segera diterjunkan sebagai Panglima Daerah Militer (Pangdam) untuk Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali-NusaTenggara.
SKep (red. surat keputusan) untuk mereka sudah terbit, yakni Pak Widodo sebagai Pangdam Di Jawa Timur, Pak Bakti Agus sebagai Pangdam di Jawa Tengah, dan Pak Chandra sebagai Pangdam Bali dan Nusa Tenggara., Jelas Jenderal Andika Perkasa selaku KASAD yang menandatangani Penugasan Para Pangdam di seluruh Wilayah Indonesia.

Diskusi menjadi semakin akrab dan menarik, karena adanya beberapa kesimpulan Program Strategis yang di fokuskan pada Aksi Kampanye Kerukunan Nasional dengan memanfaatkan Momentum Ramadhan 2020 dalam situasi religi yang cukup kondusif untuk melakukan edukasi ditengah masyarakat terkait Penanganan Pandemi Virus Corona, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol Social Distancing (Pembatasan Sosial).

Metode kampanye, akan disusun secara tertulis berdasar analisa oleh Asisten Teritori Angkatan Darat (Aster-AD) dan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispen-AD) yang nantinya pelaksanaan teknis di lapangan agar bergerak dan bergabung dengan Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia.

Perihal ini, segera ditindak lanjuti secara teknis oleh kolaborasi bersama untuk mengawal satu kesimpulan diskusi yakni menyetujui untuk terus MENJAGA KERUKUNAN NASIONAL.

Hal yang juga akan segera di intruksikan, yakni menyikapi adanya berbagai implementasi kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), TNI AD juga akan menginstruksikan agar personalia TNI AD yang dilibatkan dalam agenda PSBB tersebut, hendaknya bersikap persuasif, kooperatif dan lebih mengedepankan prinsip kemanusiaan dan etika sosial dalam upaya tetap menjaga harmonisasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara diseluruh wilayah tanah air, tegas Andika Perkasa yang saat ini tengah juga mengupayakan tercukupinya Alat Pelindung Diri dan berbagai Fasilitas Alat Kesehatan untuk sejumlah Rumah Sakit Milik Angkatan Darat yang tersebar di seluruh Wilayah Indonesia.

Dimana, salah satu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat diteyapkan oleh Pemerintah sebagai Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan dan Penanganan Pasien Dalam Perawatan (PDP) korban yang terpapar Virus Corona.
Ada beberapa Rumah Sakura milik Angkatan Darat yang saat ini masih sangat membutuhkan berbagai peralatan Medis serta pemenuhan fasilitas yang kurang memadai. Hal itu menjadi salah satu konsentrasi KASAD dalam kiprah beliau untuk aksi penanganan Wabah Virua Corona yang tengah terjadi.

Kita semua belum tahu, sampai kapan Wabah ini dinyatakan selesai, sehingga kita semua harus bahu membahu menggalang Aksi Solidaritas untuk Melawan Pandemi Virus Corona ini, papar Andika Perkasa kepada Ali Nasrullah dan Teuku Imran.

Sementara, Ali memaparkan bahwa dirinya yang juga sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI), secara organisasi menyatakan akan segera membuka 60 Posko Aksi Solidaritas AWDI untuk melawan Pandemi Virus Corona dengan memohon ijin menggandeng personalia TNI AD dalam hal teknis dilapangan.
Adapun Ketua Tim Komando Posko AWDI tersebut adalah Pak Teuku Imran, yang nantinya di dampingi oleh beberapa Kolonel Senior di Mabes AD sebagai Ketua Posko Teknis daerah Jabodetabek.

Perihal ini KASAD , yang juga disaksikan sejumlah petinggi Angkatan Darat mengapresiasi dan menyambut dengan kesiapan dilapangan.

Sehingga KASAD langsung memanggil Aster-AD untuk menyampaikan informasi kepada jajaran dilapangan untuk bisa bersinergi dengan AWDI yang membuka Posko Penanganan Pandemi Virus Corona.

Masih dalam situasi yang begitu akrab dan penuh dengan keterbukaan, Jenderal TNI Andika Perkasa yang akrab dipanggil Pak Andika, secara “Low Profile”, menyampaikan ucapan terima kasih atas diskusi santai, ringan dan penuh muatan kebangsaan ini, begitu pula Ali Nasrullah Ramadhan, bersama Bp. Teuku Imran dan Jimmy menyampaikan Rasa Hormat atas Perkenan Kepala Staf Angkatan Darat menerima Kunjungan Khusus dari Jurnal Wicaksana Group (JW-Group) dan Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI).
Pertemuan diakhiri dengan Photo Bersama dan Saling Hormat antar Kedua Pimpinan Lembaga tersebut. (Fatah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + fifteen =