PJI Turut Menghadiri Upacara Penurunan Bendera Negara di Istana Merdeka

JAKARTA – Oase INews.com – Upacara penurunan bendera merah putih, Jumat, 17 Agustus 2018, petang berlangsung semarak dan tak kalah meriah dengan upacara pengibaran bendera merah putih pagi hari.

Proses penurunan bendera digelar di halaman Istana Merdeka di mulai pada pukul 17 00 sore dan dilaksanakan oleh oleh sebuah satuan yang diberi nama Tim Bangsa.

Pada upacara penurunan bendera, posisi pembawa bendera Merah Putih diamanahkan kepada Zanati Tahta Umahati, wakil Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), gadis kelahiran Tangerang, 15 September 2002.

Sementara itu, tiga orang lainnya dari Kelompok 8 yang akan menurunkan bendera pada sore ini ialah M Genta Lambang sebagai Komandan Kelompok 8 dari Provinsi Lampung, Ananda Micola sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Timur, dan Dyka Ade Susilo sebagai pembentang bendera dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam menjalankan tugasnya, Tim Bangsa dikomandoi oleh Kapten Infanteri Teguh Widakdo.

Pria kelahiran DI Yogyakarta, 9 Agustus 1988 tersebut saat ini menjabat sebagai Komandan Kompi Senapan Brigif Yonif Mekanis 516 Caraka Yudha Kodam V Brawijaya, Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 2009.

Acara juga turut dimeriahkan oleh atlet gaek Indonesia Rudi Hartono yang pernah berkiprah ikut mengharumkan nama bangsa di bidang olah raga Bulutangkis.

Cukup meriah juga sambutan masyarakat kepada atlet legendaris Rudi Hartono pada saat ini, dimana kita ketahui kalau memang Rudi Hartono sudah banyak menyumbang prestasi bangsa dan keharuman bangsa Indonesia dikancah internasional dalam bidang olah raga Bulu tangkis.

Upacara Penurunan Bendera pada tanggal 17  Agustus 2018 tersebut juga dihadiri ketua Umum Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI)  Hartanto Buchori dari media Lintas Patroli dengan didampingi oleh Lucky Richter dari media Indonesia Headline News yang juga merupakan Ketua Departemen Pusat Usaha Pers Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI).

Hartanto Buchori beserta rombongan PJI menempati kursi undangan di blok G pada upacara penurunan bendera tersebut.

Memang sudah merupakan suatu hal yang umum bilamana ada acara kenegaraan Persatuan Jurnalis Indonesia pasti akan ikut bagian dalam mensukseskan agenda kenegaraan tersebut, sebagai tanda sumbangsih dan perduli kepada negara, karena organisasi Persatuan Jurnalis Indonesia ini tidak hanya sebagai kontrol sosial di dalam masyarakat, tapi juga merupakan salah satu perangkat untuk kesuksesan suatu negara.

Ada juga hiburan band yang tidak kalah gaul sore hari itu ditengah acara resmi tersebut yang dihadiri belasaan bahkan puluhan ribu undangan khusus.

Acara band tersebut diisi oleh artis nasional Ari Lasso yang sudah tidak asing lagi di belahan bumi nusantara.

Artis penyanyi ini beruntung bisa berfoto bareng dengan presiden Jokowi sore hari itu, dengan pengawalan ketat paspampres yang bertugas.

Sumingrah senyumnya ketika dibukakan jalan oleh paspampres untuk dihantar ke hadapan presiden Jokowi pada kesempatan petang hari tersebut.

Presiden Jokowi juga nampak turun ke para undangan untuk bersalaman dan berfoto ria kepada para undangan di istana merdeka hari itu.

Bertindak selaku Komandan Upacara ialah Kolonel Laut (P) Arya Delano. Arya merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1996. Pria kelahiran Surabaya, 20 Mei 1974, tersebut saat ini menjabat sebagai Komandan Lanal Yogyakarta.

Adapun Brigadir Jenderal TNI Herianto Syahputra, kembali bertindak sebagai Perwira Upacara. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1990.

Pria kelahiran Lhokseumawe, 22 Januari 1968, ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta.

(luq*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × three =