AWDI DPC kabupaten Tangerang Sambut Ramadhan dalam Suasana Darurat Covid-19 di Saung Gerubug City

Tangerang,  Oase Indonesia.com- Kurang sehari lagi umat Islam di dunia akan memasuki bulan suci Ramadhan 2020. Khususnya Indonesia, pemerintah belum menetapkan awal puasa. Tapi diperkirakan awal puasa Ramadhan pada minggu terahir bulan April 2020.

Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada hari Jumat, tanggal 24 April 2020. Sementara Idul Fitri 1441 H ditetapkan pada hari Minggu, tanggal 24 Mei 2020. Dalam maklumatnya, dimana Pemerintah menyatakan ijtimak jelang awal Ramadan 1441 H terjadi pada jumat, 24 April 2020.

Banyak doa dan harapan agar wabah Covid-19 segera berahir sehingga dapat menyambut bulan puasa dengan suka cita seperti tahun sebelumnya. Tapi yakinlah bahwa keberkahan Ramadhan tidak akan berkurang sedikitpun karena adanya Covid-19.

Ketua AWDI DPC kabupaten Tangerang. Fatah Hidayat. S. Sos,  memprediksi bahwa hari-hari pada bulan suci tersebut, kondisi Indonesia masih berada pada tingkat waspada atau masa darurat Covid-19. Jadi praktisnya tentu tidak ada ibadah shalat tarwih berjamaah atau shalat jamaah lainnya di masjid sebagaimana saat ini di Indonesia, umumnya tidak ada atau untuk sementara ditiadakan shalat Jumat.

Termasuk i’tikaf dan buka puasa di masjid tentu ditiadakan pula, akan tidak seperti suasana tahun-tahun sebelumnya yang sangat meriah bila berbuka puasa di masjid dengan hidangan takjilnya yang diantar oleh ibu-ibu sekitar masjid. Bisa diduga juga shalat Idul Fitri ditiadakan demi menghormati si Covid-19. Karena masa darurat Covid-19 diperpanjang sampai 29 Mei 2020.

“Diharapkan tetap berada kondisi suka cita menyambut Ramadhan, agar ibadah puasa tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19, justru karena lebih banyak dirumah. Namun dengan catatan tetap dalam kewaspadaan. Juga tetap selalu mengambil hikmah positif atas adanya wabah tersebut,” ucap Fatah Hidayat,  ketua DPC AWDI kabupaten Tangerang. Rabu (22/04/2020)

Lanjutnya, agar kita tetap dengan ihlas dan khusyu beribadah “DiRumahAja ” termasuk tetap menjalankan amalan-amalan ibadah lainnya di bulan suci Ramadhan atau lebih berkesempatan memperbanyak Tadarrus Al-Quran bersama keluarga.

” Kita bisa melakukan shalat tarwih berjamaah “DiRumahAja”. Mungkin dengan cara ini, Allah Swt ingin kita mendekatksn diri keluarga dan Al-Quran yang selama ini mungkin terlewatkan atau terabaikan baik pada hari biasa maupun pada bulan suci Ramadhan,” paparnya

Seperti juga seakan “dipaksa” untuk menghafal atau tadarrus Al-Quran bersama keluarga. Sekaligus memperbaiki hafalan ayat-ayat Al-Quran untuk bisa diamalkan dalam shalat tarwih berjamaah dengan keluarga di rumah.

” Pastinya tetap bisa tarwih sendiri atau berjamaah di rumah. Tidak usah khawatir, amalan ibadah Ramadhan akan tetap penuh berkah tanpa kekurangan hikmah didalamnya. Insya Allah. Aamin Yra,” tuturnya lagi.

Giat dalam acara tersebut dihadiri oleh beberapa unsur struktural DPC AWDI kabupaten Tangerang yang digelar di Saung Gerubug City dengan makan bersama dalam suasana kekeluargaan,  dan ini menjadi momentum buat lembaga ini agar menjaga jalinan tali silaturahmi kedepannya,  dan dengan harapan  bahwa wabah Covid-19 membawa berkah dan hikmah yang paling baik dari semua bentuk teguran atau nasehat yang diturunkan oleh Tuhan sampai detik ini pada ciptaan-Nya.  (Etty/Team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × four =