Note Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan APBD di Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang, Dibacakan Oleh Sekda Measal Rasyid

Tangerang, Oase INews.com – Pengantar Note Kuangan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tangerang Tahun 2018 yang tertuang dalam pidato Bupati, dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesal Rasyid dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Tangerang, Senin, (20/8/18). Nampak berjalan lancar.

Dihadapan pimpinan dan para anggota dewan DPRD Kebupaten Tangerang, Maesal Rasyid menjelaskan terkait rencana peningkatan pendapatan daerah tersebut. Bersumber dari target PAD, dana perimbangan, serta target lain-lain pendapatan derah yang sah.

Sementara, peningkatan target PAD Naik 3,45 % dari target APBD tahun anggaran 2018 sebesar Rp. 2,42 terliun menjadi Rp. 2,5 triliun atau bertambah besar sekitar Rp.83,76 miliyar, bila dibandingkan dengan target pada APBD-P tahun 2017. Dan PAD tersebut mengalami peningkatan sebesar 13,49 %.

Masih menurut Maesal Rasyid. Kenaikan juga ada pada dana perimbangan sebesar 0,05% dari target 2,04 miliar, dan peningkatan target lain-lain pendapat daerah yang sah pun meningkat 17,49 % dari target APBD tahun anggaran 2018, sebesar Rp. 538 miliar menjadi 632,15 miliar rupiah atau bertambah sebesar Rp. 94,11 miliar.

Adapun, dalam perkembangan perjalanan APBD tahun anggaran 2018, pada belanja daerah terjadi berbagai perkembangan dan asumsi, terutama terkait kebijakan pemerintah Pusat dan pemerintah Provinsi Banten. Termasuk analisa atas kebijakan prioritas pembangunan daerah yang mempengaruhi postur belanja daerah.

Dalam RAPBD-P tahun anggaran 2018, belanja daerah mengalami peningkatan sebesar Rp. 750,89 miliar atau 13,34 % dari target Rp. 5,63 triliun menjadi 6,38 triliun rupiah. Dan peningkatan belanja daerah tersebut terjadi pada kedua kelompok belanja, yaitu. Belanja tidak langsung dan belanja langsung.

Jelas Maesal Rasyid, Pada kelompok belanja tidak langsung (BTL) naik 2,41 %, dari target APBD tahun anggaran 2018 sebesar Rp. 2,26 triliun atau bertambah sebesar 54,69 miliar rupiah, sedangkan pada belanja langsung (BL) juga naik menjadi 20,72 % dari target APBD tahun anggaran 2018 sebesar Rp. 3,3 triliun atau bertambah sebesar 696,19 miliar rupiah.

Saat ditemuai awak media, Maesal Rasyid, mengatakan. Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dalam hal ini akan terus fokus berupaya semaksimal mungkin dalam menjalankan semua rencana peningkatan APBD yang telah dicanangkan.

“Insya allah, kami (pemerintah derah) akan selalu fokus serta seprofesional mungkin dalam melaksanakan semua program yang sudah direncanakan,” ucap Sekda Kabupaten Tangerang yang akrab disapa Rudi Maesal itu.

(Kosasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *