Sahrudin : Penyuluhan KB Selain Dengan Cara Formal Juga Dari Rumah ke Rumah

Tangerang, Oase INews.com – Keluarga Berecana (KB) sejatinya merupakan program pemerintah dalam mengatur dan mengedalikan angka kelahiran. Dengan mengatur serta mengedalikan jumlah angka kelahiran, maka populasi penduduk dapat terkontrol dengan baik dan secara otomatis pemerintah pun dapat berfokus terhadap penguatkan kesejahteraan masyarakat.

Bicara soal KB, Sahrudi seorang staf pelaksana UPT KB di Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten. Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan tupoksinya sebagai Pengelola Keluarga Berencana tingkat Kecamatan tersebut.

Dalam melaksanakan tugas, Sahrudin. Berperan untuk komunikasi, memberi Informasi, dan mengedukasi menyangkut program keluarga berencana kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, masyarakat sudah hampir paham dan mengerti terkait progaram KB pemerintah, dari 10 desa dan 1 kelurahan yang ada di kecamatan ini, saya selalu berusaha untuk menjalakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar kepada wartawan di kantor UPT KB/PLKB Kecamatan Pagedangan Kamis, (25/10/18).

Lebih lanjut, kata Sahrudin. Kader-kader yang sudah di bekali pengetahuan tentang program KB dari UPT KB Kecamatan Pagedangan, umumnya juga sangat antusias dalam membantu tugas penyuluhan di lingkungan mereka masing-masing.

“Para kader UPT KB disini, yang sudah paham. Mereka pun cendrung semangat untuk membantu mensosialisasikan program KB kepada masyarakat, terutama kader-kader di pos-pos KB yang ada di setiap desa dan kelurahan, di sub pos KB di tiap rw, serta kelompok-kelompok KB di tiap Rt,” ujar pria sederhana yang menjadi ASN dengan golongan 3B itu. Dan sudah mengabdi selama kurang lebih 9 tahun di UPT tersebut.

Selain, memberikan penyuluhan program KB secara formal melalui penyuluhan dan forum diskusi, ungkap Sahrudin. UPT KB Kecamatan Pagedangan juga tidak segan-segan memberikan penyuluhan door to door kepada masyarakat.

“UPT disini, pun tidak hanya menggelar penyuluhan KB secara formal, namun juga dengan cara memberikan penyuluhan kepada masyarakat dari rumah ke rumah,” tandasnya.

(Kosasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 2 =