Wacana Pembentukan BUMDes Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat dan Desa Babat

Tangerang, Oase INews.com – Untuk meningkatkan kapasitas, keterampilan, dan pengetahuan masyarakat Desa Babat, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Terkait usaha-usaha yang bisa menambah dan meningkatkan pendapatan perekonomian warga masyarakat Desa.

Kegiatan persiapan pelantikan dan pengukuhan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Babat. nampak dihadiri, selain Kepala Desa, Sekretaris Desa, Binamas, Babinsa, Rt dan Rw, juga 50 orang dari beberapa kampung. Yang akan menjadi pengurus BUMDes di Desa tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Babat H. Sukron Ma’mun mengatakan. Bahwa wacana pembentukan BUMDes dalam pengelolaan perekonomian secara bersama dengan masyarakat Desa tinggal menunggu pembentukan dan pelantikan kepengurusannya saja.

“Kami sedang dalam proses persiapan pembentukan kepengurusan, Mudah-mudahan berjalan lancar. Rencanannya pelantikan dan pengukuhan pengurus BUMDes kami ini, akan dilaksanakan di lembang bandung,” ucapnya Kamis, (20/9/18) di Aula Kantor Desa Babat.

Lebih lanjut, menurutnya. Dengan terbentuknya BUMDes, masyarakat Desa Babat diharapkan dapat secara profesional dalam mengelola serta mengembangkan jenis usaha yang bisa meningkatkan perekonomian Desa dan keluarga.

“Ya, saya berharap dengan adanya BUMdes desa babat ini, nantinya waga masyarakat mampu mengelola dan mengembangakan jenis usaha apa saja yang sekiranya bisa menjadi peningkatan pendapatan ekomoni desa dan masyarakat pada khususnya,” ujar Kades yang akrab di panggil H. Ukon itu.

Adapun, Sekretaris Desa Babat Oman Surohman Menambahkan. Dengan terbentuknya BUMDes, pengalokasian dana desa yang bersumber dari APBDes dapat di kembangkan dengan meningkatkan produksitivitas sehingga dalam pengelolaannya juga dapat berdampak pada peningkatan perekonomian Desa Babat dan Masyarakat.

“Selama ini pengalokasian dana desa yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja desa babat, kan terfokus pada pembelanjaan langsung dan tidak langsung, dengan adanya BUMDes, kami pun berharap dana ini dapat dikembangkan secara produktif agar berdampak juga pada peningkatan pendapatan masyarakat dan desa,” kata Oman Surohman. (Rahmat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =