Anies Membuka Secara Resmi Forum Konsultasi Publik RKPD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020

oase inews.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedanmembuka secara resmi Forum Konsultasi Publik RKPD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (13/03/2019).

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Mohamad Taufik, serta sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Forum ini dihadiri oleh jajaran di tingkat eksekutif maupun legislatif daerah, perwakilan BUMD Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Pusat, Forkopimda, hingga perwakilan tingkat Kecamatan, Kelurahan, dan pegiat di tingkat RT/RW. Selain itu, forum ini juga turut mengundang pakar yang ahli di bidangnya masing-masing, perwakilan dari institusi pendidikan tinggi, mahasiswa, serta Lembaga Swadaya Masyarakat.

Penyusunan RKPD dilakukan untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan. RKPD juga menjadi dasar penyusunan KUA-PPAS, LKPJ, LPPD, dan ILPPD.

Selain memuat rancangan kerangka ekonomi dalam program prioritas pembangunan daerah, RKPD juga mengatur rencana kerja yang terukur, pendanaan dan pencapaian.

Dalam sambutannya, Anies menyampaikan, penyusunan RKPD perlu memperhatikan terkait hal-hal apa saja yang sudah berjalan, perlu dikoreksi, dilanjutkan, maupun dihentikan.

“Terpenting lagi, kita harus berorientasi pada keadilan sosial dan kesejahteraan untuk semua,” kata Aneis, di Balai Kota DKI Jakarta,

Menurutnya, sebagai Ibukota, Jakarta harus menjadi kawasan yang maju secara global, namun juga mampu melestarikan budaya. Untuk itu, dirinya meminta partisipasi aktif masyarakat agar bisa bersama-sama mewujudkan kemajuan Jakartaberbasis gerakan melalui konsep Desain Kota 4.0.

“Konsep itu sangat penting. Sebab, akan diturunkan dalam bentuk pesan, kemudian menjadi karya dan kerja,” terangnya.

Anies menambahkan, dirinya menginginkan forum ini dapat memberikan solusi-solusi dan betul-betul bisa direalisasikan. Selain itu, dirinya berharap setelah forum ini berlangsung tetap ada wadah untuk berdialog, bertemu, dan menyamakan pemahaman.

“Kita ingin memberikan yang terbaik untuk wargaJakarta,” tandasnya.

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan konsultasi publik ini adalah saran dan masukan dari pemangku kepentingan terhadap kinerja, program prioritas, dan kegiatan strategis yang mendukung. Masukan dan saran tersebut nantinya akan dituangkan dalam berita acara kesepakatan bersama yang akan menjadi bahan masukan dalam akhir penyerahan dokumen rancangan RKPD Tahun 2020.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta tengah mengerjakan rancangan awal RKPD Tahun 2020 yang memuat, antara lain gambaran umum kondisi daerah, kerangka ekonomi dan keuangan daerah, kinerja penyelenggaraan daerah, sasaran dari prioritas pembangunan daerah, serta arah kebijakan pembangunan Kota dan Kabupaten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + five =