Haji Entong Gendut Pendekar Berilmu Kebal dari Condet yang Ditakuti Belanda

Jakarta – Oase INews.com – Dahulu kala di antara nama para pendekar Betawi lain, tersebutlah nama Haji Entong Gendut yang sempat melawan kezaliman masa kolonial Belanda.

Haji Entong Gendut mungkin tak setenar Si Pitung atau Bang Jampang namun dialah pahlawan bagi para warga Condet di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Wilayah yang terbentang dari Kelurahan Batuampar, Balekambang, dan Kampung Gedong itu disebut sebagai asal mula sejarah Betawi.

alkisah pada waktu itu Condet hidup dalam tekanan pihak kompeni Belanda dan para tuan tanah yang bermarkas di Kampung Gedong.

“Dia bukan tokoh legenda. Dia benar ada. Ceritanya ada versinya juga,” kata seorang tokoh masyarakat Betawi di Condet, Ali kepada wartawan di kantor Rumpun Masyarakat Betawi (RMB), Batuampar ,Condet, Jakarta Timur.

CEK VIDEO MENARIK YANG SATU INI !!!

 

Masyarakat diharuskan membayar pajak sebesar 2,5 sen yang bukan angka sedikit bagi warga Condet.

Pada masa itu harga beras sudah mencapai 4 sen per kg. Rakyat Condet sudah pasti tidak mampu membayar dan akhirnya diwajibkan kerja paksa.

kejadian kejadian tersebut menyulut kemarahan Entong Gendut. Akhirnya pada 5 April 1916, perang di Landhuis yang dikenal sebagai Villa Nova pun berkobar. Saat itu, sang pendekar gendut itupun gugur dengan gagah berani.

Sejumlah cerita pun bermunculan terkait detik-detik akhir hayat sang pahlawan Condet yang berpostur tambun itu.

Entong Gendut dikatakan meninggal bukan di Kampung Gedong, namun di Batuampar saat kabur dari kompeni menyebrangi sungai yang dikatakan oleh sebagian orang apesnya ilmu Entong Gendut ada pada saat dia menyebrangi sungai.

Setelah diberondong peluru di pinggir sungai, jenazah Entong Gendut diangkut oleh Kompeni dan diceburkan ke laut.

“Konon dia dipancing nyeberang Ciliwung. Nah katanya kalau kena air sungai kekebalan Haji Entong hilang. Jadi dia ketembak. Terakhir yang ane tahu, Entong Gendut nggak mati di tempat. Dia sempat dibawa ke RSPAD, (nggak) tahu dulu namanya apa. Tapi nggak ketolong. Dimakaminnya juga nggak tahu di mana,” cerita  Ali.

Sejarah Betawi di Condet

cerita kawasan condet Tak cuma kisah Entong Gendut saja yang menarik tapi juga tentang perkampungan tua masyarakat Betawi kabarnya telah ada sejak lampau.

Hal itu diperkuat dengan adanya sejumlah penemuan benda purbakala zaman 1.500-1.000 Sebelum Masehi, seperti kapak, gurdi, dan pahat dari batu.

Hingga sekarang pun penelitian terkait berapa lama perkampungan betawi di Condet masih tetap berlanjut.

Saking tuanya Condet salah satu arkeolog dari Universitas Indonesia yakni Ali Akbar juga pernah menelusuri bantaran Ciliwung dan mendapati situs-situs prasejarah di sana.

CEK VIDEO MENARIK YANG SATU INI !!!

 

Legenda Lahirnya Condet

Budayawan Ridwan Saidi mengatakan dahulu Condet pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Salaksana pada tahun 120 M.

Kelurahan Balekambang adalah tempat pesanggrahan raja-raja, sedangkan Batuampar merupakan batu besar untuk tempat meletakkan sesajen.

Salah satu legenda terkait asal-muasal Condet menyebut, penamaan daerah itu berasal dari nama seseorang yang memiliki kesaktian yang mandraguna tapi memiliki ciri khas bekas luka di wajahnya atau codet.

Dan konon keberadaan Orang sakti tersebut sering muncul di Batuampar, Balekambang, dan Pejaten.

“Condet ada juga versi lainnya. Condet itu berasal dari salah satu anaknya Pangeran Geger Bolong yang kebetulan ada codetnya,” lanjut  Ali.

Ada lagi Cerita lain pun menyebut, Condet lahir karena permintaan seorang putri cantik yang dilamar oleh Pangeran Astawana.

Dia menerima lamaran itu dengan syarat dibangunkan sebuah rumah di atas empang dekat Ciliwung dalam semalam laksana cerita candi Prambanan.

Memang tidak ada satupun versi yang disepakati terkait bagaimana awal mulanya Condet.

Walau begitu semua diterima dan menjadi gambaran bagaimana luas dan beragamnya sejarah terkait keberadaan Condet.

Diceritakan kembali oleh : Mohamad Irwansyah

 

FORUM KOMUNIKASI KEBUDAYAAN TRADISIONAL NUSANTARA

Untuk bergabung bisa menghubungi:

Jawa Timur

Sukamto (0822 9337 7734)

-Jakarta

Lucky (081299000197)

– Jawa Barat

Dian Lestari  (0878 2824 1971)

– Banten

Drs Memet MS (0813 1884 9286)

-Banten Pandeglang

Muklis Mitrapol (0878 8828 2224)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *