Pohon Pisang Terbesar di Dunia Ada di Papua

Papua, Oase INews.com – Indonesia menjadi salah satu Negara yang memiliki pohon pisang terbesar di dunia, namun tidak banyak yang mengetahui keberadaan dari pohon tersebut, bahkan warga pribumi sendiri. Pohon pisang super raksasa ini tumbuh di daratan pedalaman Papua, tepatnya di Arfak – Papua bagian barat. Tumbuhan ini memiliki tinggi batang dapat mencapai tinggi 15 meter dan memiliki diameter patang kurang lebih hingga 2 meter.

Diameter pohon pisang raksasa di Papua tersebut setara dengan keliling pelukan dua orang dewasa yang melingkar. Daun pisang itu sendiri memiliki panjang sekitar 5 meter dengan lebar daun kurang lebih hingga 1,60 meter. Satu lembar daun bia untuk bungkus ratusan nasi lemak.

Menurut pendapat dari masyarakat Papua khusnya yang berdiam di Kabupaten Fakfak, mereka dapat melihat pohon pisang super tersebut dari pinggir jalan karena begitu tingginya pohon tersebut menjulang ke atas.

“Ketinggian pohon pisang ini bisa mencapai 12 hingga 15 meter dengan diameter pohon atau pelepahnya lebih dari 50 cm. Pohon ini hidup di atas ketinggian 900 meter dari permukaan laut (dpl),” kata dia, dilansir Antara, Rabu (26/10//2016).

Dalam menyebut pohon pisang raksasa tersebut warga setempat menyebutnya dengan ungkapan Weyya, begitulah bahasa warga setempat terhadap pohon pisang tersebut.

Pisang raksasa atau giant banana papua pisang tersebut memiliki nama lain yaitu Pisang Musa Ingens, pertama kali ditemukan di daratan tinggi Papua oleh Jeff Daniells pada tahun 1989. Tumbuhan pisang raksasa ini hidup di dataran tinggi yang memiliki ketinggian antara 1000 sampai dengan 2000 meter diatas permukaan ait laut.

Pohon pisang musa ingens ini sekali berbuah dalam satu pohon bisa berbobot mecapai 30 kg – 60 kg dengan tinggi pohon dapat mencapai ukuran 20 meter. Dan besar buah pisang ini bisa mencapai besar ukuran bayi manusia.

Hingga kini pohon pisang tersebut menjadi pohon pisang terbesar di dunia.(*/red)

Editor : Ksh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + six =