Keren !, Ada Donor Darah dan screening Pendonor Plasma Konvalesen di Bandara Soetta

Oase I news.com, Kota Tangerang- Kegiatan donor darah dan Screening calon pendonor plasma konvalesen berlangsung di area Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Kapolresta Bandara Soetta Kombes Adi Ferdian Sahputra hadir memimpin langsung berjalannya acara yang digelar pada Sabtu (13/02/2021). Donor darah dan sceening calon pendonor plasma konvalesen itu juga dihadiri Pejabat Jajaran Utama (PJU) Polresta Bandara Soetta. Pelaksanaannya berkerjasama dengan PMI Kota Tangerang.

“Proses pengambilan donor darah tetap mengacu pada protokoler kesehatan pencegahan Covid-19. Para petugas medis dilengkapi APD, sementara pendonor pun menggunakan masker dan mematuhi himbauan jaga jarak aman,” kata Kombes Adi.

Dia menjelaskan, ada tahapan skrining yang cukup panjang dan ketat. Karena pengambilan plasma dari penyintas Covid-19 berbeda dengan pengambilan darah pada umumnya.

“Beberapa tahapan yang dimaksud antara lain pengecekan titer antibodi, pengecekan penyakit menular, DNA virus, hepatitis, darah lengkap serta skrining antibodi lainnya,” jelasnya.

Kegiatan itu dilakukan dengan tetap mempraktekkan secara ketat Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Di mana para peserta donor dan skrining plasma terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan rapid test antibody, pengecekan HB dan tensi darah.
Jumlah personel Polri, TNI, pegawai Instansi di Lingkungan Bandara Soetta serta masyarakat Umum yang memenuhi syarat Tes Rapid Antigen, Tensi Darah dan Pengecekan HB dan melakukan Donor Darah sebanyak 93 orang dengan hasil 93 kantung darah.

Sedangkan jumlah peserta skrining plasma konvalesen sebanyak 13 personel dari PolresTa Bandara Soetta, dengan catatan sampelnya sedang dalam pengecekan laboratorium untuk memenuhi syarat atau tidaknya.( Simon )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *