Permasalahan Virus Corona/Covid 19, Fokus Perhatian Bagi 3 Pilar dan Dinas Kesehatan se Kecamatan Batu Ceper

Kota Tangerang, Oase INews.com– Sehubungan dengan adanya situasi yang mengenaskan yang berdampang kepada umat manusia di dunia yang dimana membuat kecemasan dan ketakutan warga masyarakat akan sebuah penyakit menular yang di sebabkan oleh Virus Corona / Covid-19, dampaknya di berbagai Negara sudah jadi Tranding Topik di bidang Medical atau di bidang Kedokteran yang membuat cemas begitu banyak orang yang berdampak ke segala aspek kehidupan.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas maka Pihak Kecamatan Batu Ceper Kota Tangerang perlu kiranya untuk mengadakan sebuah Rapat Koordinasi dalam rangka membahas tentang bagaimana menanggulangi penyebaran penyakit Virus Corona, maksud dan tujuan adalah untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona di wilayah Batu Ceper sekaligus pihak Pemerintah Kota Tangerang menginginkan kecepatan evakuasi di dalam menanggulangi penanganan terhadap pasien penderita yang tertular Virus Corona.

Kemudian kegiatan Rapat Koordinasi Instansi Terkait 3 Pilar Dan Dinas Kesehatan Puskesmas Se-Tingkat Kecamatan Batu Ceper Dengan Permasalahan Virus Corona / Covid 19 di selengarakan pada hari Senin (16-3-2020) di ruang Rapat Khusus Kantor Kecamatan Batu Ceper JL.Daan Mogot Km.21 Batu Ceper Kota Tangerang, sebagai Penanggung Jawab Rapat Koordinasi adalah Sekcam Bapak Asep Suhardiman sesuai Undangan maka kegiatan di hadiri oleh Sekcam Batuceper Asep Suhardiman, Wakapolsek Batu ceper AKP MUJIHARJA.SH, Lurah Se-Kecamatan Batuceper (7 Lurah), Kepala Puskesmas Batuceper Ibu Dr. Iradani Yupita Ningrum, Kepala Puskesmas Porigaga Drg. Aprilia, Kasi Kecamatan Batuceper, Babinsa Koramil 02 Batuceper Serka Anto, Bhabinkamtibmas Kel. Batuceper AIPTU K.Handoko dan Humas Polsek Batu Ceper BRIPKA Eko Indri yanto.

Pimpinan Rapat Sekcam memberikan materi koordinasi yang dimana dia menjelaskan dan menuturkan ‘’ Untuk Pembahasan utama saat berkoordinasi antar intansi terkait adalah pemberitahuan untuk pendidikan di liburkan sampai dengan tanggal 30 Maret 2020, kegiatan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang untuk sementara tidak dilakukan contoh Car free day, tablik akbar kecuali hajatan di pantau dan di siapkan alat kesehatan untuk pendukung antisipasi virus korona dan untuk instansi public Steak Holder yang berperan penting di mohon untuk menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, pihak puskesmas tidak melakukan kegiatan kesehatan di luar seperti kegiatan posyandu dan pelayanan keluar hanya melaksanakan pelayanan medis kesehatan di kantor puskesmas, Pihak Lurah Kebon besar agar berkoordinasi dengan pihak PT. Cusson untuk membantu menyiapkan sabun cair untuk cuci tangan, Berpesan kepada kerumunan massa seperti acara hiburan dangdutan atau acara hiburan lainnya yang dapat memungkinkan penyebaran virus Corona dapat berkembang biak dan virus akan memakan korban warga masyarakat jadi mohon di tangguhkan dulu atau di pindah lain hari agar di jadikan pedoman untuk para pemangku jabatan perijinan acara, Antisipasi kepada para Dokter untuk langkah apa saja yang akan diambil jika ada pasien terkena virus corona di wilayah Kecamatan Batu Ceper,” Terang Asep Suhardiman

Wakapolsek Batu Ceper AKP Mujiharja.SH menjelaskan saat rapat berlangsung ‘’ Saya ingin berpendapat singkat bahwa di Polsek Batu Ceper sering dilakukannya pelayanan terhadap warga masyarakat, kami juga mempunyai kendala sesuai dengan sarana prasarana yang berlaku yang sesuai dengan prosedur di dunia kesehatan untuk itu kami memohon bantuannya dari pihak kecamatan atau puskesmas untuk menyiapkan alat-alat khusus kesehatan yang memadai untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona di Kantor Polsek Batu Ceper, kegiatan spesifik untuk pelayanan kepada masyarakat kita wajib mengantisipasi dengan baik sekali seperti di wilayah publik kerumunan orang seperti di Stasiun kereta Api Poris Batu Ceper yang dimana harus dipersiapkan segala sesuatu di dalam bertindak maka sesuaikan dengan kecepatan penanganan di dalam mengevakuasi pasien yang sudah terjangkit virus dan kita wajib memetakannya akan di bawa kemana pasien yang di indikasikan sebagai suspect Virus Corona.

Semoga dengan berlangsungnya Rapat Koordinasi tersebut dapat memudahkan komunikasi diantara sesama instansi terkait seperti adanya unsur tiga pilar dan pihak dari Puskesmas, dengan demikian tibalah saatnya untuk pendapat dari dunia kesehatan Pihak Puskesmas yang di wakilkan oleh Dr. Iradani Yupita Ningrum yang dimana beliau telah memberikan beberapa hal yang harus di perhatikan oleh kita bersama, seperti ;

1. Ambil langkah dengan tim khusus dari intansi terkait ikutilah aturan-aturan yang telah di tetapkan oleh Dinas Pemerintah Kepala Daerah masing-masing.
2. Untuk puskesmas harus lakukan pemantauan, pengawasan, bahkan jikalau ada suspeck harus cepat di dalam mengabil langkah Medis terhadap Pasien agar tidak terjadi penularan virus dengan cepat.
3. Pelajari gejala virus corona dan kita wajib mengetahui cara penanganan pasien.
4. Cegah dan Kita antisipasi sebagai pihak berwenang untuk berkumpul dan berkoordinasi diantara unsur elemen terkait baik itu pihak kecamatan maupun pihak kedinasan dari Puskesmas Batu Ceper.
5. Jangan memberikan tuduhan warga yang telah mengalami penyakit corona karena akan berdampak Negatif kepada kita, marilah kita pantau pasien sampai 14 hari kedepan sampai di temukannya di tingkat suspeck.
6. Dalam melakukan antisipasi kita harus mengetahui segala macam hal-hal gejala-gejala terhadap virus corona seperti halnya pasien batuk, bersin, Sesak Napas dan gejala lain-lain sebagainya .
7. Jagalah fungsi kesehatan tubuh dan budayakanlah mencuci tangan dengan bahan cairan yang dianjurkan oleh Dokter.
8. Pakailah Masker pelindung penutup hidung agar terhindar dari virus ganas tersebut.
9. Kesiapan kami selaku petugas puskesmas telah siap menangani pasien warga masyarakat dengan strategy system penanganan Standar sesuai prosedur yang berlaku di Dinas Kesehatan Puskesmas Batu Ceper.
10. Berikan Edukasi virus Corona kepada Kader-kader instansi dinas terkait yang berkopeten khususnya seluruh Stake Holder sebagai garda terdepan di dalam menangani kasus tersebut.

Humas Polsek Batu Ceper menjelaskan bahwa ‘’ Rapat koordinasi berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan Prosedur Pemerintah Kota Tangerang, Kami selaku petugas Pemerintahan yang tergabung dari unsur terkait tiga (3) Pilar beserta Petugas Kesehatan dari Puskesmas Batu Ceper menginginkan untuk warga masyarakat di wilayah kecamatan batu ceper tidak ada yang terjangkit atau tertular virus Corona yang sangat membahayakan kita bersama, Untuk masyarakat janganlah panik jika mendengar berita terkait Virus Covid-19, kami menhimbau untuk selalu menjaga kesehatan dengan berolah raga lalu laksanakanlah menjemur tubuh kita di bawah matahari di pagi hari agar badan kita selalu hangat siklus tubuh menjadi lebih sempurna dan himbauan terakhir pakailah Masker Pelindung dan budayakanlah cuci tangan anda dengan sabun,” ujar Bripka Eko

Sumber  : Humas Polsek Batu Ceper / Eko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *