Polres Brebes Pecahkan Rekor MURI, Dengan Bagikan 1000 Kotak P3K

 

BREBES, Oase INews.com – Polres Brebes berhasil mendapatkan piagam penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), Kamis (21/11/2019). Piagam penghargaan itu didapat setelah Polres Brebes membagikan sedikitnya 1.000 kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) kepada Kepala Desa (Kades) dan Kepala Dusun (Kadus) yang ada di Kabupaten Brebes.

Kabid Dokes Polda Jawa Tengah, Kombes Pol dr Tri Yuwono Putra mengatakan, pemecahan rekor MURI dengan membagikan ribuan kota P3K merupakan agenda kampanye pentingnya keselamatan dalam penanganan pertama pada kecelakaan. Dengan tujuan, penanganan pertama dalam kecelakaan bisa langsung tertangani dengan cepat.

“Dengan kegiatan seperti ini, kita harapkan pemberian kota P3K ini bisa dimanfaatkan oleh para penerima. Jadi jika ada kejadian kecelakaan atau apa, bisa langsung berikan pertolongan pertama,” ucap dr Tri Yuwono Putra, Kamis 21 November 2019.

Menurutnya, pencapaian yang diterima ke depan akan lebih banyak lagi instansi atau lembaga yang ikut, terutama dalam kerjasama dalam peningkatkan layanan ke masyarakat. “Atas pencapaian rekor MURI ini biar lainnya ikut berinovasi.

Sehingga kepedulian ke masyarakat itu tidak hanya ala kadarnya tapi harus berikan yang luar biasa,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono menjelaskan, pembagian kotak P3K sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, juga bertujuan untuk memberikan pelayanan kemasyarakat merupakan salah satu fungsi layanan polri terhadap masyarakat.

“Manfaat bantuan P3k ini, bisa membantu penanganan darurat. Di antaranya, luka yang kecil-kecil ini tidak usah dibawa ke rumah sakit. Cukup dengan P3K ini saja, hanya saja harus tepat,” jelasnya.

Bangun RS Bhayangkara di Brebes

Bahkan dalam hal pelayanan di bidang kesehatan, Polres Brebes berencana mendirikan rumah sakit Bhayangkara  pada 2020 mendatang. Aris berharap, rencana tersebut mendapat dukungan dari semua pihak agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat semakin maksimal.

“Mudah-mudahan bisa segera terwujud, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat Brebes,” ungkapnya.

Terkait penghargaan MURI, Senior Manager MURI, Aryani Siregar mengungkapkan, bhakti sosial pembagian kotak P3K oleh Polda Jateng, Polres Brebes dan Yayasan Putra Peduli kepada Kades dan Kadus se Kabupaten Brebes tercatat lebih dari 1.000 kotak.

“Pembagian kotak P3K terbanyak kepada masyarakat melalui Kades dan Kadus terhitung lebih dari 1.000 kotak. Karena itu, pembagian ini tercatat dalam rekor MURI dengan nomor 9.305,” ucap Aryani.
Ia menjelaskan, penghargaan rekor MURI itu merupakan yang ketiga kalinya bagi Polres Brebes. Sebelumnya, Polres Brebes pernah dua kali menerima penghargaan MURI pada 2016 dan 2017.

Sebelumnya, penghargaan pertama pada 2016 diterima atas prakarsa Polres Brebes mengadakan safety riding dan driving dengan jenis kendaraan terbanyak. Serta penghargaan kedua diperoleh pada 2017 sebagai pemrakarsa perpustakaan motor keliling paling banyak.(Etty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *