Bogor Cerdas, DISDIK Jalin Kerjasama Dengan PONPES

 

CIBINONG, OASE INews.com – Sebagai salah satu Program Pancakarsa Bogor Cerdas Bupati, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Bogor, menjalin kerjasama dalam bidang pelayanan pendidikan bagi para santri di Pondok Pesantren (Ponpes).

Kepala Bidang Pembinaan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Elfi Nilahartani menjelaskan, hingga saat ini terdapat 13 PKBM yang telah terdaftar menjalin kerjasama dengan Ponpes di berbagai kecamatan.

“Adapun ke 13 PKBM tersebut yakni, PKBM Darma, PKBM Darmus, PKBM Darul Hijri, PKBM Prima Lestari, PKBM Pancasila, PKBM Pelita Bangsa, PKBM Mawar II, PKBM Mutiara Hati, PKBM Usrotunnur Zainul Hayah, PKBM Tarbiyatul Ummah, PKBM Cahaya Mandiri, PKBM Pelita Ilmu, PKBM Nurul Huda,” jelasnya.

Lanjutnya, program kerjasama pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan nilai dan kualitas akademik para santri.

“Sampai bulan ini terdapat 39 Ponpes yang sudah terdaftar dalam program tersebut. Dimana jumlahnya akan terus bertambah seiring memang banyaknya Ponpes di Kabupaten Bogor. Dikarenakan PKBM tersebar di 40 Kecamatan,” tutur Nila.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna memaparkan, melalui program ini para santri di Ponpes dapat mendapatkan akases layanan pendidikan reguler dengan lebih efektif.

“Dengan mengikuti program ini, nantinya para santri akan memiliki ijazah yang dapat digunakan sebagai pemenuhan jenjang pendidikannya. Selain itu, program ini juga menyasar mulai dari Paket A, B dan C yang bisa diikuti para santri,” paparnya.

Sambung Entis, dalam proses pembelajarannya tutor di PKBM mendatangi lokasi Ponpes, atau para santri menyelenggarakan pembelajaran di gedung lembaga.

“Proses pembelajaran juga bisa dikombinasikan dengan metode daring, sehingga penyampaian materi akan semakin efektif bagi para santri. Kami berharap dengan adanya program ini mampu memaksimalkan potensi pengembangan SDM dari para santri di Kabupaten Bogor,” harapnya.

(A.Maria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *