Penataan Dekorasi & Lahan Parkir Gereja Katedral Sambut Natal 2019

 

Penataan Dekorasi Gereja Katedral, persiapan Natal 2019.

JAKARTA, OASE I NEWS.COM – Pada perayaan Natal 2019 ini, Gereja Katedral mengusung tema Dekorasi bertajuk  “Nusantara Merayakan Natal”. Selasa (24/12).

Menurut humas Keuskupan Agung Jakarta Gereja Katedral Susyana Suwadie, tema tersebut menggambarkan nuansa Kekayaan Budaya Indonesia.

“Pengurus mendekorasi Gereja Katedral sedemikian rupa, bertujuan untuk membangkitkan rasa persaudaraan, persatuan, serta nasionalisme,” ujarnya saat dikonfirmasi tim OaseINews.com

Salah satu titik dekorasinya adalah Plaza Kristus Raja. Pada area tersebut ditampilkan kekayaan budaya nusantara dengan memakai tema bunga bernuansa natal warna hijau, merah, dan putih. Terdapat juga 8 pasang boneka yang terbuat dari kayu mahoni setinggi 120 cm karya pengrajin dari Jepara.

“Kedelapan boneka itu menggambarkan 8 budaya di nusantara, yaitu Jawa, Betawi, Batak, Flores, Papua, Dayak, Bali, dan Tionghoa. Di antaranya ada keluarga Kudus yang menggunakan pakaian adat Jawa, yaitu Maria, Yosef, dan Bayi Yesus,” tutur Susyana.

Di seluruh bagian luar Gereja Katedral tersebar rangkaian kericut yang dibentuk menyerupai lampu gantung. Bentuk kerucut itu dipilih untuk menambah kesan tradisional. rangkaian kerucut itu diwarnai merah, hijau, dan putih.

“Warna-warna tersebut dilengkapi dengan motif dari 3 daerah di Indonesia, yaitu warna merah diambil dari pola kain Manado, warna hijau dari pola kain Cirebon, serta warna putih dari pola kain Papua,” jelasnya.

Di kolom batu sekitar gereja, pengurus memasangkan kain yang berasal dari Palembang, Betawi, Bali, Lombok, Toraja, Papua, Jawa, dan Kalimantan.

Pada daerah aula gereja terdapat pohon natal yang dihiasi dengan gambar anak-anak yang mengenakan berbagai pakaian daerah serta kain wastra di bagian dindingnya.

Menurut agenda acara yang sudah ditetapkan, Gereja Katedral menggelar tiga kali misa Natal pada hari ini, Selasa 24 Desember yaitu pukul 16.30 WIB, 19.30 WIB, serta 22.00 WIB. Dan pada esok harinya, Rabu 25 Desember, akan digelar empat kali misa, yakni pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, serta pukul 17.00 WIB.

Suasana area perkir Gereja Katedral. Selasa (24/12).

Hasil pantauan tim media dilokasi, sejak pukul 14.00 WIB jemaat misa Natal mulai memadati Gereja Katedral. Mereka masuk ke area gereja melalui gerbang 1 yang menghadap ke Masjid Istiqlal. Dan para Jemaat harus melewati rangkaian pengecekan barang bawaan serta metal detector.

Tampak sekitar 300 personel gabungan TNI dan Polri berjaga. Setidaknya ada dua orang personel polisi yang siaga di setiap pintu gerbang Gereja Katedral. Dan juga terlihat Pos pengamanan Natal 2019 di seberang Gereja Katedral, disertai beberapa mobil barakuda dan tim gegana terparkir kondisi siaga.

(Put)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *