Pengurus DPC PJI Indramayu Periode 2020-2023 Dilantik

Upacara pelantikan dan serah terima jabatan yang diserahkan kepada Eka Mardiana, selaku ketua DPC PJI Kabupaten Indramayu, digelar di Gedung Dewan Kesenian Indramayu (Mama Soegra), Jl Veteran, Lemah Abang Kecamatan dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (7/9/2020).

Indramayu, Oase I News.com – Ketua Umum (Ketum) Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI), Hartanto Boechori, melantik pengurus Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PJI Kabupaten Indramayu periode 2020-2023.

Upacara pelantikan dan serah terima jabatan yang diserahkan kepada Eka Mardiana, selaku ketua DPC PJI Kabupaten Indramayu, digelar di Gedung Dewan Kesenian Indramayu (Mama Soegra), Jl Veteran, Lemah Abang Kecamatan dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (7/9/2020).

Dalam sambutannya Ketum PJI, Hartanto Boechori, menjelaskan mengenai visi misi dan sejarah PJI. Dia menyebut ingin menjadikan PJI sebagai wadah organisasi kewartawanan yang profesional berlandaskan Kode Etik Jurnalistik dan mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia.

“Di organisasi kewartawanan PJI anggotanya berpegangan kepada Undang Undang Pers Nomer 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik, maka dari itu wartawan yang tergabung di PJI harus melaksanakan dan mematuhi itu dalam menghasilkan produk jurnalistik,” ucapnya.

Selain itu, Hartanto mengimbau, kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada acara pelantikan PJI Kabupaten Indramayu untuk bersama-sama mengawal jalannya demokrasi di Indonesia khususnya kepada para wartawan untuk memberikan informasi yang mencerdaskan kepada masyarakat dan mengajak kepada wartawan yang masih belum memiliki organisasi kewartawanan untuk bergabung di PJI.

“Boleh ya wartawan lain yang mau bergabung di PJI asal memenuhi dua syarat, yakni ikuti Undang Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik artinya dalam Undang Undang Pers, Medianya Harus berbadan hukum dan diakte pendiriannya yang pasti di bidang jurnalistik bukan yang lain, yang kedua syaratnya wartawan yang ingin gabung di PJI harus ikuti Kode Etik Jurnalistik, maka dari itu saya ingatkan Ketua DPC Indramayu harus Selektif dalam memilih anggota,” Tegasnya

Tambahnya, Hartanto mengatakan, bahwa Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) merupakan salah satu Organisasi Wartawan yang berdiri sejak 20 Agustus 1998. Dan Keberadaan Organisasi PJI juga, sudah diakui oleh Dewan Pers.

Sementara usai acara pelantikan pengurus PJI Indramayu, Ketua SMSI Indramayu, Makali Kumar dan Ketua Ormas Gibas Resort Indramayu, H. Muhamad Arifin, juga hadir dan mengucapkan selamat sukses kepada seluruh pengurus PJI Indramayu.

“Saya merasa bersyukur bisa menghadiri pelantikan pengurus PJI cabang Indramayu, Persatuan Jurnalis Indonesia ini diharapkan menjadi wadah bagi sarana aplikasi maupun pembinaan karena banyak insan jurnalis di indramayu ini yang belum mempunyai wadah atau tempat untuk bernaung sehingga hadirnya Persatuan Jurnalis Indonesia ini bisa menampung, mengakomodir, dan membina mereka menjadi jurnalis yang profesional yang mampu menjabarkan kode etik pers dan menjadi pers yang profesional,” ucap Makali Kumar selaku Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

“Selamat semoga sukses dan maju terus kepada pengurus PJI Indramayu, wartawan dan media jangan menyerah terus kritisi Pemerintah suguhkan berita yang aktual dan akurat, semoga sukses selalu,” ucap Arifin Selaku Ketua Gibas Resort Indramayu.

Arifin pun berharap, dengan dilantiknya pengurus DPC PJI Indramayu dapat memberikan kontribusi positif dalam mengawal jalannya Pemerintahan dan proses hukum yang ada di Indramayu.

“Mudah-mudahan kita bisa bersama-sama bersinergi untuk membantu jalannya pemerintahan di indramayu dan mengawal proses hukum yang ada di indramayu,” tutup Arifin.

Dalam acara pelantikan yang digelar di Gedung Kesenian Indramayu Mama Soegra ini turut dihadiri oleh Aan Hendrajana selaku Kadis Kominfo Indramayu untuk mewakili Plt Bupati Indramayu, Dedy S Kabid IKP Diskominfo Indramayu, Eko Diskominfo, Harry Kasat Binmas Polres Indramayu, Gunawan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Indramayu, H. Rahmat Humas DPRD Indramayu, Kapten Arh Basori Danramil 1602/Kota dan didampingi oleh Intel Kodim Sertu Budiarto yang mewakili Kodim 0616/Indramayu, Toni RM Lawyer, H. Cecep Kepala Sekolah SMPN 2 Sindang dan berbagai unsur Perusahaan Media, Ormas, LSM serta OKP. ( SRY )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *