Bank Sampah Bernilai Ekonomis Bantu Penghasilan Warga Sudirman Tigaraksa

Tangerang, Oase I News.com – Sejak tahun 2018 warga blok C RT 05/06 Sudirman Indah Kelurahan sepakat mendirikan Bank Sampah, dengan tujuan memanfaatkan barang bekas rumah tangga bernilai ekonomis.

Bank Sampah diberi nama Kumpul Makmur ini beralamatkan di RT.005/06 Perum Sudirman Indah Tigaraksa Berdiri Sejak 15 Desember 2018.

Ketua RT 05/06 Perum Sudirman Indah Kelurahan Tigaraksa Herman Jaliteng menceritakan pada awal mulanya ia Mengajak warga memilah Sampah yang bernilai ekonomi untuk dikumpulkan di satu karung yang disediakan oleh bank sampah dan diambil oleh pengurus yang sudah di bentuk.

“Tujuan mengurangi sampah warga serta menghindari dari pemulung sampah liar dan membuat sampah berceceran ketika sudah diacak acak dan memberikan edukasi kepada warga tentang kebersihan lingkungan,” jelas Herman.

Herman Jaliteng yang kaya pengalaman berorganisasi ini melanjutkan Bank Sampah yang didirikannya memiliki struktur organisasi ketua, Sekretaris, bendahara serta koordinator lapangan yang ada di tiap-tiap gang, bertugas untuk koordinir sampah dari tiap-tiap rumah.

Sampah yang diambil di tiap-tiap rumah tersebut Kemudian dikumpulkan di satu tempat dengan memanfaatkan rumah kosong dan jika sudah banyak langsung dinjual ke pengepul.

“Bank Sampah ini banyak manfaatnya memberikan ruang kepada warga yang tidak bekerja untuk tetap ada Kegiatan bersama. Hasilnya sebagian kita kembalikan ke warga sebagai tujuan utama yaitu untuk membantu warga yang butuh bantuan,” ucap Herman

Untuk Pengurus, pendiri & penasehat serta penanggung jawab Ketua RT.005/06 Herman Jaliteng Ketua: Surono Bendahara : Yuli Sekretaris : Fauzi koordinator Lapangan :. Madya. Dan Semua Korlap gang yang berjumlah 11 orang.

Sementara itu, Abdul Munir H Syarif Mansyur ketua RW 06 Kelurahan Tigaraksa mengatakan sangat mendukung keberadaan Bank Sampah yang ada di RT 05/06 tersebut, harapan semoga bank sampah bisa membantu warga yang sedang kesusahan di masa pandemi COVID-19.

“Saya berharap RT lain yang berada di RW 06 Kelurahan Tigaraksa bisa mendirikan Bank Sampah, apalagi bisa memberikan pemasukan buat bantu kegiatan ke RTan,” kata Dae Munir.( Rizal – IKP )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *