Baznas Kabupaten Tangerang, Bedah 3 Rumah Tak Layak Huni di Kosambi

Ketua UPZ Kecamatan Kosambi Syariefuddin Zuhri

Kab Tangerang, OASEiNews – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tangerang melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Kosambi melaksanakan program bedah rumah tidak layak huni (RTLH) di tiga lokasi berbeda.

Tiga rumah warga yang dibedah Baznas diantaranya milik Juhro warga Kosambi, RT 01, RW 02, Kelurahan Kosambi Barat, milik Madin Lesmana Kampung Tukang Kajang, RT 02, RW 01, Desa Rawa Rengas dan rumah milik Usup bin Madih Kampung Tukang Kajang RT 01, RW 04, Desa Jatimulya.

Ketua UPZ Kosambi Syariefuddin Zuhri mengatakan, Baznas Kabupaten Tangerang melalui UPZ Kecamatan Kosambi melaksanakan giat unggulan dari Baznas Kabupaten Tangerang terkait dengan bedah rumah tidak layak huni warga kurang mampu.

“Alhamdulillah, untuk Kecamatan Kosambi 3 titik yang diprogramkan dan akan direalisasikan yakni dikosambi barat, Jatimulya dan Rawa Rengas,” kata Syariefuddin Zuhri, usai peletakan batu pertama bedah rumah Juhro warga Kosambi Barat, Rabu (6/9/2023).

Syariefuddin menjelaskan, semua kegiatan Baznas Kabupaten Tangerang dapat terlealisasi dari zakat, infak dan shodaqoh yang diserap dari Kecamatan Kosambi khususnya, maupun dari Kabupaten Tangerang pada umumnya.

“Satu rupiah yang dialurkan dari program itu, maka semua kita ikut antisipasi dalam zakat, infaq dan shodaqoh melalui Baznas Kabupaten Tangerang. Artinya, ada nilai ibadah serta ada nilai kebaikan kita yang tertanam dari program tersebut,” tuturnya.

Untuk kedepannya, kata Syariefuddin masih banyak program Baznas Kabupaten Tangerang, diantaranya bantuan untuk lansia serta bantuan grobak untuk UMKM yang sedang dalam proses dan akan segera direalisasikan.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Muzakki yang telah mengamanahkan dan percaya menyalurkan ZIS ke UPZ Kosambi. Kami berharap, semoga ini terus memberikan nilai kepercayaan kepada Baznas Kabupaten Tangerang, karena sejatinya ZIS ini untuk keberkahan dan kemaslahatan kita semua,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Lurah Kosambi Barat, Bambang Sujana mengucapkan terima kasih atas dibangunnya rumah warga di RT. 01, RW. 02 Kelurahan Kosambi Barat melalui program bedah rumah dari Baznas.

“Atas nama Pemerintah Kosambi Barat saya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan bedah rumah kepada warga kami,” ucapnya.

Selain itu, Ia juga berharap dalam giat bedah rumah tersebut bisa dilakukan di wilayah RT dan RW yang lain di Kelurahan Kosambi Barat.

“Saya berharap kegiatan ini bukan hanya di lokasi ini saja, tapi di RT dan RW yang lainnya juga.” Harapnya.

Dilokasi yang sama, ketua Rukun Warga (RW) setempat Jono Sujono mengatakan bahwa Ia merasa prihatin atas warganya yang masih menempati rumah tidak layak huni tersebut sebelumnya tidak ada yang mengajukan ke program bedah rumah.

“Sebelumnya belum pernah ada yang mengajukan, pas saya menjadi RW, saya mengajukan melalui program bedah rumah. Alhamdulillah, terealisasi walaupun baru hanya ini. Namun yang lainnya masih tahap pengajuan.” Tutupnya. (red/van)