Bertahun-tahun SDN di Kecamatan Kosambi Menjadi Langganan Banjir, Bantuan Pemerintah Sangat Diharapkan

SDN Salembaran III, Kelurahan Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Kab. Tangerang, OASEiNews – Sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang menjadi langganan banjir, pada saat hujan turun dengan intensitas tinggi. sekolah SDN tersebut terletak persis dibelakang kantor Pemerintahan Kecamatan Kosambi, yakni SDN Salembaran III dan SDN Pemukiman.

Dari Pantauan awak Media, di lokasi lingkungan SDN Salembaran III, kelurahan Salembaran Jaya terlihat air menggenang mulai dari jalan arah masuk sekolah, halaman sekolah hingga sampai masuk ke dalam ruang kelas. Setidaknya ada enam ruang kelas serta ruang kantor yang terendam banjir.

“Ada enam ruang kelas dan satu kantor yang terkena imbas genangan air setiap hujan turun,” kata Kepala Sekolah SDN Salembaran III, Romli Sahib Kepada OASEiNews, Kamis (17/11/2022).

Akibat banjir, aktivitas di sekolah pun menjadi terganggu. Para siswa dialihkan bahu membahu untuk kerja bakti, membersihkan genangan air dengan menggunakan alat seadanya seperti sapu dan serokan.

“Karena banjir, pembelajaran siswa menjadi terganggu. Pembelajaran dimulai kembali sampai ruangan kelas sudah bersih dan genangan sudah surut,” lanjutnya.

Yang memprihatinkan, banjir di sekolah itu sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Sekolah selalu menjadi langganan banjir setiap musim hujan. Bahkan dalam sekali musim hujan, sekolah itu bisa berulang kali kebanjiran.

“Setidaknya sudah 5 tahun lebih, sekolah ini selalu jadi langganan banjir. Makanya, para guru dan pihak kelurahan berharap ada tindakan dari Pemkab Tangerang untuk mengatasi keadaan ini,” ujarnya.

Romli berharap kepada pemerintah, untuk segera meninggikan halaman lapangan sekolah, dengan cara diurug, kemudian di betonisasi agar permukaan dihalaman sekolah menjadi lebih tinggi dari permukaan air.

“Setidaknya pemerintah bisa memberikan bantuan untuk dapat meninggikan permukaan halaman sekolah. Atau sekadar menambahkan titik drainase pembuangan air, agar cepat surut ketika ada genangan,” pungkasnya. (Red/Van)