Tim Monitoring PHBS Tingkat Kecamatan Cibodas Lakukan Sosialisasi di RW 08 Panunggangan Barat

Tangerang, Oase Indonesia – Tim monitoring program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang. Melakukan sosialisasi terkait penilaian Kampung/RW PHBS tahun 2022 di sejumlah wilayah Kelurahan Panunggangan Barat Rabu, (16/11/2022).

Terpantau, sosialisasi itu pun salah satunya di wilayah RW 08 Kelurahan Panunggangan Barat. Yang terdiri dari dua Rukun Tetangga (RT), bertempat di Balai Warga Kampung Sukasari.

Selain Ketua Tim PHBS tingkat Kecamatan Cibodas, Istri Camat Camat Cibodas Nurul Buceu, Istri Lurah Panunggangan Barat Faradita Subagia beserta Sekertaris Kelurahan Panunggangan Barat Pipit P., hadir pula Ketua RT/RW, para kader PHBS, PSM, PKK serta tokoh masyarakat dan warga sekitar.

Dalam kesempatan ini, mewakili tim PHBS tingkat Kecamatan Cibodas, Nurul Buceu menjelaskan bahwa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya, untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi.

Dan, Terdapat langkah – langkah berupa edukasi melalui pendekatan pemuka atau pimpinan masyarakat, pembinaan suasana dan juga pemberdayaan masyarakat dengan tujuan kemampuan mengenal dan tahu masalah kesehatan yang ada di sekitar; terutama pada tingkatan rumah tangga sebagai awal untuk memperbaiki pola dan gaya hidup agar lebih sehat.

Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadaran yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

“Adapun variabel penilaian Kampung/RW PHBS 2022. diantaranya, rumah tangga yang menimbang balita, rumah tangga memiliki akses dan menggunakan air bersih, rumah tangga yang mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, rumah tangga yang makan sayur dan buah setiap hari serta rumah tangga yang tidak merokok dalam rumah,” ungkapnya.

Sementara mewakili RW 08 Kelurahan Panunggangan Barat, Ketua RT 01 Kampung Sukasari, Mumu menyampaikan rasa terimakasih warga masyarakatnya kaitan sosialisasi tim PHBS tingkat Kecamatan tersebut, seraya mengapresiasi kinerja yang membuat warganya semakin paham dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Untuk penilaian PHBS, Insya Allah warga masyarakat khusunya RW 08 ini, sudah siap lantaran selama ini pun kami warga masyarakat sedikit demi sedikit sudah berupaya untuk menerapkan apa yang di program pemerintah melalui PHBS, dan mudah-mudahan lingkungan kami kedepannya pun akan semakin baik,” tegas Mumu.

(Kssh)