CSR PIK 2, Sasar RSPG Desa Pangkalan Teluknaga

Direktur Pantai Indah Kosambi (PIK) 2 Restu Mahesa

Kab. Tangerang, OASEiNews – PT Kukuh Mandiri Lestari bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Teluknaga melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sampah pantas gemilang (RSPG) desa Pangkalan, kecamatan Teluknaga, kabupaten Tangerang.

Pembangunan RSPG pengolahan sampah terpadu, merupakan salahsatu program bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Kukuh Mandiri Lestari, selaku pengembang Pantai Indah Kosambi (PIK) 2 yang diberikan untuk warga melalui pemerintah desa (Pemdes) Pangkalan, kecamatan Teluknaga.

Kepala Desa (Kades) Pangkalan Ahmad Muhrim mengatakan, rumah sampah pantas gemilang yang dimaksud, bukan tempat untuk pembuangan sampah. Melainkan, rumah sampah untuk tempat pengolahan sampah terpadu.

“Rumah sampah Ini, bukan tempat untuk pembuangan sampah. Tapi ini rumah sampah untuk pengolahan sampah terpadu,” kata Ahmad Muhrim, saat ditemui dilokasi peletakan batu pertama RSPG, Jumat (24/3).

Ia menuturkan, ada beberapa pihak yang berkaitan dengan lingkungan, baik dari pihak DLHK Kabupaten Tangerang maupun pihak Kecamatan Teluknaga, dengan membuat nota kesepahaman untuk bisa mengatasi permasalahan sampah yang ada diwilayah desa Pangkalan.

“Untuk pengolahan sampahnya, masih di wilayah desa pangkalan. Kita gak mau ambil resiko, mengambil sampah di luar desa pangkalan. Karena, area yang kita manfaatkan hanya 1000 meter saja,” terangnya.

Dilokasi yang sama, Camat Teluknaga Zamzam Manohara, mengapresiasi PT kukuh mandiri lestari (PIK 2) beserta CSRnya, yang telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa kepada wilayah Teluknaga. Khususnya, yang mejadi pilot projects pada saat ini adalah desa Pangkalan.

“Ternyata ini adalah konsep pengembangan dari menjawab permasalahan permasalahan yang ada di wilayah kami, yaitu permasalahan sampah,” ungkapnya.

Sementara direktur PIK 2 Restu Mahesa menjelaskan, RSPG merupakan program pertama pada pilar lingkungan oleh community development. Menurutnya, masih ada beberapa program selain itu, diantaranya program pilar kesehatan, pilar pendidikan dan pilar ekonomi.

“Tujuan dari dibangunnya RSPG ini, diharapkan menjadi upaya untuk mengurai masalah sampah yang ada disekitar melalui pengolahan sampah. Kami berharap, agar masyarakat bisa bersama sama mengurangi sampah, mengolah sampah. Sehingga akhirnya bisa menjadi permasalahan yang bisa diatasi bersama,” tutupnya. (red/van)