DBMSDA Kab. Tangerang, Dahulukan Normalisasi Kali Cilampe Kosambi Paska Banjir

KADIS DBMSDA Kab. Tangerang Slamet Budhi Mulyanto

Kab. Tanggerang, OASEINews.com – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang terus berupaya menormalisasi aliran air Kali Cilampe yang sempat terhambat karena tersumbat sampah di tambah kondisi kali yang sudah dangkal di wilayah RW 03, Kelurahan Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Jumat (21/01/2022).

Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang, Slamet Budi Mulyanto mengatakan, sebagai gerak cepat penanganan banjir tersebut, pihaknya melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) mengupayakan pembersihan dan normalisasi kali Cilampe yang ada di Salembaran Jaya.

“Besok, Satgas Banjir SDA bersiaga disana untuk melakukan normalisasi aliran air. Yang penting mengalir dahulu,” ujarnya kepada Media Oase, saat di temui di ruang Camat Kosambi, Kamis (20/1).

Dia menambahkan, upaya tersebut didahulukan, khawatir jika aliran air terhambat maka terjadi banjir susulan. Untuk perbaikan rehab atau revitalisasi pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan Provinsi Banten dan Balai Besar.

“Kalau hanya tersumbat atau dangkal nanti Bidang SDA menggunakan material pemeliharaan. Yang penting itu tadi aliran air ngalir dulu. Terkait rehab atau revitalisasi kami sedang lakukan komunikasi dengan Pemprov Banten dan juga Balai besar,” bebernya.

Sementara itu, Kepala UPTD SDA Wilayah VI Kabupaten Tangerang, Suhanda menuturkan, tidak ada hambatan selama pengerjaan normalisasi yang dilakukan hari ini, Jumat (21/1). Sebanyak 5 personel dari dua Tim yang berjibaku melancarkan aliran air kali Cilampe.

“Hambatan gak ada, sudah jelas kalinya sudah dangkal, jika sampah sih tidak seberapa. Kemudian kita keruk menggunakan alat berat, jadi lebih cepat proses pengerjaannya,” ucapnya.

Jika pengerjaan menggunakan alat berat tersebut lancar. Besar kemungkinan, proses normalisasi belum bisa di tentukan sampai kapan.

“Saya rasa gak ada target, karena masih normalisasi. Kalau alat berat besok selesai, kemungkinan proses melancarkan air ini lusa (selesai). Namun, jika masih belum selesai di lanjut kan terus sampai selesai,” ungkapnya.

Di temui di lokasi, Ketua RW 03 Salembaran Jaya, Alwi Guna mengaku, khawatir terjadi banjir susulan, dia berharap agar dinas terkait dapat segera memperbaiki atau merevitalisasi, agar kejadian banjir ini tidak terus terulang kembali pada saat curah hujan tinggi.

“Kami harap ini dapat secepatnya diperbaiki atau di revitalisasi, dan selama belum ada perbaikan kami meminta masyarakat sekitar selalu waspada apalagi ketika hujan turun dengan intensitas yang cukup deras,” tandasnya. (Red/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *