Faktor Ekonomi Dominan Memicu Angka Perceraian

 

Kantor Pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang

Tangerang, Oase I News.com – Enam ribu dua ratus delapan puluh ( 6280 ), Tertinggi angka penceraian pengadilan agama Tigaraksa salah satunya adalah faktor gugatan ,baik dari pihak istri ataupun suami yang menggugat.

Dikatakannya oleh ,Zaenal selaku Hakim pada pengadilan Agama Tigaraksa ,.Menurutnya awal tahun 2022 sejak Bulan Januari data yang tercatat dari bagian hukum pengadilan agama, Per Senin, ( 14/11/2022 ) dini hari tepatnya PUKUL 14 00 .WIB . sifatnya permohonan 838 kasus.

, Diantaranya adalah Isbat Nikah ,penetapan Ahli waris seperti asal usul anak dan Gugatan salah satu pihak suami maupun istri .Selain itu yang menjadi Dominan adalah kasus perceraian dari pihak istri maupun suami . 6280 kasus, salah satu adalah faktor gugatan .

Pelbagai permohonan diantaranya ,isbat nikah ,penetapan ahli waris yaitu asal usul anak . gugat cerai antara kedua belah pihak istri maupun suami . kasus kekerasan dalam rumah tangga (KD,RT.)seperti halnya Meninggalkan salah satu pihak ,suami atau istri, (menelantarkan)

Yang menjadi dominan adalah faktor ekonomi dari pihak istri merasa tidak puas Napkah , atas apa yang diberikan oleh pihak suami.

Atas dasar dari pencatatan bagian hukum.pengadilan Agama Tigaraksa ,angka penceraian yang di himpun pada tahun 2020 lalu tercatat 7550 kasus .tahun 2021 tercatat 7717 kasus .dan tahun 2022 pada hari senin tgl 14 nopember dini hari tepatnya PUKUL 14 00 wib .7718 kasus .demikian hal itu diu gkapkan oleh Zaenal sebagai Hakim pengadilan Agama Tigaraksa di ruang kantor beberapa waktu lalu kepada Awak media.

Agenda persidangan adalah penasehat, damaikan kepada mereka apabila berhasil kita ciptakan mediasi dan maka sidang di cabut kalau tidak berhasil maka di lanjut agenda persidangan jawaban , melalui mediasi dan ada mediator . . Oleh karenanya mengedepankan yang teringan

Harapan menurun tidak mengurangi intensitas persidangan .menciptakan rumah tangga Sakinah ,Mawadah ,warahmah sesuai ijab khobul . Pihak pengadilan agama tidak punya aturan untuk merujuk ,yang ada hanya mendamaikan kedua belah pihak dan menasihati.

Kantor pengadilan agama Tigaraksa Menangani pelayanan masyarakat dari dua Wilayah diantaranya wilayah Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang .
Oleh karenanya menurut Zaenal selaku Hakim ,merangkap Humas dari seratus persen 60%diantaranya angka perceraian tertinggi Wilayah Tangsel, ,40%Kabupaten Tangerang . ( Sunariah )