H. Maskota : Didesa Belimbing Sudah Tidak Ada Lagi Warga Masuk Dalam Kriteria Miskin

Kades Belimbing, H. Maskota Hjs, SE.

Kab. Tangerang, OASEiNews – Kepala Desa (Kades) Belimbing, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Mengklaim warganya sudah tidak ada lagi yang masuk dalam kategori kriteria miskin.

Hal tersebut, diungkapkan Kades Belimbing H. Maskota Hjs saat mengisi acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Mushola Nurunnajah, Desa Belimbing, Minggu (20/11/2022) malam.

Kepala Desa (Kades) Belimbing H. Maskota Hjs mengatakan, perkembangan warga desa Belimbing dari mulai tahun 2007, semenjak dirinya menjabat terdapat 1800 warga dengan kriteria miskin.

“Bayangkan, ada 1800 warga di kategorikan miskin. Ditambah lagi, pada saat itu desa Belimbing termasuk salah satu desa yang tertinggal, desa yang warga miskinnya sangat banyak,” katanya.

Lebih lanjut, Maskota menjelaskan, beranjak dari tahun 2007 ke tahun 2008, dirinya mulai mengelola pemerintahan desa, agar kegiatan pemerintah desa dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, pada tahun 2008, 2009 dan 2010, warga miskin menurun menjadi 800 orang. Kemudian dari 2010, 2011 dan 2012 sampai jabatan terakhir priode ke dua, tahun 2013 warga masyarakat yang miskin sisanya menjadi 500 orang,” paparnya.

Kemudian, lanjut Maskota, ditahun 2022 ini, warga masyarakat yang tercatat miskin ada sekitar 111 orang. Menurutnya, pada saat ini, masyarakat desa Belimbing masuk dalam kategori masyarakat yang berkembang, maju dan sejahtera.

Masih kata Maskota, dari sisa 111 yang tercatat warga miskin, kemudian tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintah desa, menyatakan bahwa yang tercatat 111 warga miskin tersebut, merupakan orang miskin, dengan kategori miskin jadi jadian.

“Jadi kalau ada BLT dia miskin, kalau ada sembako dia miskin. Jadi sebenarnya, tidak ada warga masyarakat desa belimbing yang miskin,” ujarnya.

“Dari sisa 111 yang dikategorikan miskin, mereka mempunyai ekonomi yang sangat kuat. Yang pertama, motornya satu rumah ada tiga sampai empat. Buktinya, mereka bayar bulanannya kuat,” pungkasnya. (Red/Van)