Kades Jatimulya, Pimpin Langsung Kerja Bakti di Bantaran Kali Secunder Belimbing

Kegiatan Kerja Bakti di Desa Jatimulya, Minggu (2/10)

Kab. Tangerang, OASEiNews – Poniman, SH Kepala Desa Jatimulya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang pimpin langsung puluhan warga untuk membersihkan bantaran kali dari sampah, dan sisa-sisa puing bangunan liar (Bangli) yang telah dibongkar pemiliknya.

Meski dalam kondisi hujan, puluhan warga desa Jatimulya bersama petugas kebersihan dari kecamatan kosambi terlihat antusias membersihkan puing-puing sisa bangunan yang terlihat masih berserakan di bantaran kali.

Disela-sela kerja bakti, Kepala Desa (Kades) Jatimulya Poniman mengatakan, kegiatan kerja bakti tersebut di fokuskan untuk pembersihan sisa-sisa puing bangunan serta membersihkan sampah serta memotong rumput di sepanjang bantaran kali.

“Alhamdulillah, warga kita sangat kompak. Kerja bakti hari ini, kita fokuskan pada pembersihan puing-puing bekas bangunan yang sudah di bongkar pemiliknya, setelah itu dilanjut dengan memotong rumput menggunakan mesin,” kata Poniman kepada Media ini, Minggu (2/10/2022).

Lebih lanjut, Poniman menjelaskan, bangun liar yang sudah dibongkar oleh pemiliknya, sudah mencapai sekitar 90 persen. Menurutnya, kegiatan kerja bakti kali ini hanya tinggal pembersihan sisa-sisa bangunan, dilanjutkan dengan pembersihan sampah dan pememotongan rumput.

“Sudah sekitar 90 persen bangun dibongkar pemiliknya. Kerja bakti ini, hanya tinggal pembersihan sampah dan puing-puing bekas bangunan serta pemotongan rumput saja,” ujarnya.

Kata Poniman, sampah puing-puing bekas bangunan yang sudah terkumpul, diangkut oleh petugas kebersihan dari kecamatan, dengan menggunakan truk sampah. Kemudian, untuk selanjutnya di buang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang sudah disiapkan oleh pihak kecamatan kosambi.

“Sampahnya diangkut pake mobil truk oleh petugas kebersihan dari kecamatan kosambi, untuk selanjutnya dibuang ke TPS yang sudah disiapkan oleh pihak kecamatan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kosambi Dadang Sudrajat mengapresiasi atas dukungan dari para kepala desa dan lurah yang ada di kecamatan Kosambi, sehingga kegiatan gotong royong pembersihan dan penertiban bangunan liar yang berada di bantaran kali bisa terlaksana dan kondusif.

“Pada hari ada 3 Desa, dan 1 Kelurahan yang melaksanakan kerja bakti serentak. Diantaranya, Desa Jatimulya, Cengklong, Kosambi Timur dan Kelurahan Kosambi Barat. Alhamdulillah, semuanya berjalan kondusif,” Pungkasnya. (Red/Van)