Kades Lemo Gandeng DLHK Bersihkan Kali Tersier dari Tumpukan Sampah

Kades Lemo Satria, S.Ip bersama Babinsa dan Warga Saat Membersihkan Tumpukan Sampah di Pintu Air 13.

Kab. Tangerang, OASEiNews – Pemerintah Desa (Pemdes) Lemo, menggandeng Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang untuk membersihkan serta mengangkat sampah di Kali tersier Pintu Air 13, Kampung Baru, Desa Lemo, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

“Ya, hari ini kami bersama DLHK dibantu tim kebersihan dari kecamatan Teluknaga, Babinsa serta masyarakat, turun langsung membersihkan serta mengangkat sampah yang menumpuk di kali tersier,” kata Kades Lemo Satria, Sabtu (18/2/2023).

Satria menuturkan, kegiatan membersihkan serta pengangkatan sampah tersebut, selain dilakukan secara manual serta ditambah dengan 1 unit alat berat jenis Eksavator untuk mengangkat sampah yang berada di tengah kali.

“Kegiatan ini, menindaklanjuti adanya sampah kiriman. Salahsatunya, sampah yang sudah menumpuk di kali tersier pintu air 13 Kampung Baru ini,” ungkapnya.

Satria mengaku, kegiatan bersih-bersih tersebut, sudah dilakukan beberapa kali bersama warga sekitar. Namun, berselang tidak lama, sampah itu kembali muncul hingga memenuhi kali.

“Sampah ini, sudah beberapa kali kita bersihkan, baik secara manual maupun menggunakan alat berat dari dinas. Tapi yang bikin saya heran, sampah itu tidak lama muncul lagi,” imbuhnya.

Satria menghimbau kepada masyarakat sekitar, untuk tidak membuang sampah kebantaran kali. Karena dengan membuang sampah ke bantaran kali, dapat mendatangkan penyakit serta dapat menyebabkan terjadinya banjir.

“Mari kita jaga kali kita dari tumpukan sampah, buanglah sampah pada tempatnya agar desa kita bersih dari sampah serta terbebas dari banjir,” tutupnya. (red/van)