Kades Se-Tangerang Utara, Ikut Kegiatan Sosialisasi Saber Pungli Polresta Tangerang

Kab. Tangerang, OASEiNews – Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Tangerang Gelar Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar Bersama para Kepala Desa (Kades) di empat kecamatan wilayah Tangerang Utara.

Dari ke empat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kronjo, Kecamatan Mauk, Kecamatan Teluknaga dan Kecamatan Kosambi dengan di hadiri Kasie Bangdes Galih Prakoso, Kasiwas Polresta Tangerang, Akp Uka Subakti, para kades, para ketua BPD, dan Tamu Undangan bertempat di Aula Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang, Kamis (20/10).

“Ini merupakan program pokja satgas Saber pungli, yang sudah di bentuk oleh Bupati Tangerang. Kemudian, kami melaksanakan enam kegiatan dan ini merupakan yang ke lima dan nanti yang terakhir di Panongan,” kata Kepala Seksi Pengawasan Polresta tangerang AKP Uka Subakti.

Dia menjelaskan, dengan adanya kegiatan sosialiasi ini pihaknya berharap bisa mencegah adanya Pungli, khususnya di tingkat desa. Kendati demikian, pihaknya tidak akan segan untuk melakukan tindakan hukum kepada kades jika memang ada yang melakukan pungli.

“Jika memang ada, dan terbukti kami akan tetap proses sesuai dengan hukum yang berlaku. Yang terpenting intinya, kami lakukan pencegahan terlebih dahulu,” paparnya.

“Saya menghimbau, agar para kepala desa dapat menghindari adanya pungli di desanya masing -masing yang bisa merugikan diri sendiri,” pesannya.

Dilokasi yang sama, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tangerang H. Maskota mengucapkan rasa syukur, atas di gelarnya kegiatan sosialisasi ini. Dengan tujuan, untuk pencegahan kepada para kades, agar dapat mengelola keuangan desa dengan rapih.

“Saya rasa pemaparan dari narasumber yang tadi di sampaikan sudah cukup jelas, dan kedepannya saya berharap jangan sampai ada kades yang terkena masalah hukum,” pungkasnya. (Red/Van)