Kampung Tematik Waru Brilliant Jadi Central Rumah Gizi Desa Bojong Renged

Kades Bojong Renged Suhendra saat memberikan nasi tumpeng kepada Kadinkes Kabupaten Tangerang Dr. Desiriana Dinardianti

Kab. Tangerang, OASEiNews – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tangerang Resmikan rumah Gizi Pendamping Aksi Cegah dan Atasi Stunting (Pamer Centing) di Kampung Tematik Waru Briliant, Desa Bojong Renged, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Selasa (16/8/2022).

Dalam sambutannya, Kepala Desa (Kades) Bojong Renged Suhendra mengatakan, Pemdes Bojong Renged bekerja sama dengan Puskesmas dan Kampus Universitas Muhamadiyah Tangerang (UMT) dalam pembinaan, baik dalam segi akademis maupun dari hal-hal yang lainnya.

“Kita ketahui, ada warga kebanyakan kurang gizi bukan karena orang tuanya yang tidak mampu secara ekonomi. Memang, dua tahun kemarin kita terdampak Covid 19, sehingga banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya itu adalah satu penyebab besarnya,” ungkapnya.

Kemudian, kurang memahaminya dan kurang bertanggung jawab nya kita sebagai orang tua dalam memberikan pola asuh kepada anak-anaknya. Lebih lanjut, ia menjelaskan, Masyarakat Bojong Renged mayoritas warganya adalah buruh yang bekerja di bandara maupun di pabrik pabrik. Dimana anak-anak nya dititipkan kepada orang tua, di tambah dengan pola makan yang tidak teratur.

“Saya berharap setelah hari ini, setelah agustusan, ada asupan makanan bergizi untuk anak anak balita yang masuk katagori kurang gizi ataupun Stunting. Kedepan, untuk agenda rutin satu bulan sekali, saya ingin dari delapan posyandu yang ada, mengadakan kegiatan persentral di rumah gizi ini,” Harapnya.

Di lokasi yang sama, Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Teluknaga Tatang Suryana mengatakan, Pemerintah Kecamatan Teluknaga sangat Apresiasi kepada Pemdes dan kader dalam menangani gizi buruk dan Stunting di Desa Bojong Renged. Menurutnya, dengan berdirinya rumah Gizi di Desa Bojong Renged ini bisa menjadi inspirasi dan contoh bagi Desa-desa lain.

“Dari data, ada salahsatu desa di Kecamatan Teluknaga sedang masa penanggulangan Stunting. Yaitu, Desa Pangkalan. Mudah-mudahan, rumah gizi ini kedepannya bisa di gunakan untuk penanggulangan Stunting juga di Desa Bojong Renged,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tangerang Dr. Desiriana Dinardianti mengatakan, Penyebab langsung stunting karena kurang nya asupan gizi. Dirinya, berharap dengan adanya rumah gizi Pamer Centing di Desa Bojong Renged, bisa mengurangi dan mencegah stunting di kampung-kampung khusus nya wilayah Desa Bojong Renged.

“Semoga di buka nya rumah gizi Pamer Centing di Kampung Tematik Waru Briliant ini, bisa menjadi pioner atau contoh bagi desa-desa lain, untuk membuat rumah gizi,” ujar Kadinkes Kabupaten Tangerang.

Hadir dalam peresmian Rumah Gizi Pamer Centing, Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Tangerang Dr. Desiriana Dinardianti, Kepala Puskesmas Teluknaga Dr. Husna, Kepala Desa Bojong Renget Suhendra, Sekcam Teluknaga Tatang Suryana, Ketua Apdesi Teluknaga Subur Maryono, Kapolsek Teluknaga Di wakili Iptu Endah, Perwakilan Kampus UMT, TP-PKK Desa Bojong Renged serta Tamu Undangan. (Red/Van)