Lurah Kosambi Barat, Sudah Usulkan Tanggul Untuk Mencegah Banjir Rob

Lurah Kosambi Barat Subur Johari, S.Pd

Kab. Tangerang –  Kelurahan Kosambi Barat, Kecamatan Kosambi mengenai banjir rob di tiga RW, saat ini masih dicarikan solusi untuk bisa menahan banjir rob agar tidak masuk ke rumah warga.

Dari hasil tinjauan yang dilakukan, lokasi tersebut memang daratan rendah dan pasti akan berdampak jika ada banjir rob. Bahkan di RW 05 paling berdampak dan sampai masuk ke rumah warga.

Lurah Kosambi Barat Subur Johari mengatakan, kemarin sudah dilakukan pengerukan saluran air, karena saluran air yang ada di lokasi tersebut memang tidak berfungsi dengan baik.

“Kemarin sudah kita lakukan pengerukan, dan kita sedang cari solusi untuk bisa mengantisipasi agar banjir rob tidak masuk ke rumah warga. Karena, setiap banjir rob di tiga RW tersebut selalu masuk ke rumah warga dan menggenangi jalan,” ujarnya, Rabu (21/12).

Subur menambahkan, kalau dilihat dari pinggir laut, tanggul yang ada memang tidak bisa menahan air laut masuk ke permukaan warga. Memang harus dilakukan perbaikan dan peninggian agar tanggul bisa menahan air, dan masalah tanggul sudah diajukan agar segera ditinggikan.

“Kita sudah usulkan dalam Musrenbang, dan tinggal dilakukan perbaikan saja. Antisipasi saat ini, hanya melakukan pembersihan saluran air. Karena, dengan cara tersebut ketika banjir rob air akan mengalir,” paparnya.

Ia menjelaskan, masyarakat juga diminta untuk bisa bersama membantu pihak kelurahan dengan menjaga saluran air tersebut agar tidak terhalang sampah dan yang lainnya. Karena, saat ini yang bisa diandalkan adalah saluran air.

“Kita bersama antisipasi, jika ada sampah segera bersihkan. Karena, kita juga sedang mengusulkan agar dibuatkan tanggul yang lebih kokoh. Jadi, biar bisa menahan air laut agar tidak masuk saat banjir rob,” tutupnya. (red/van)